Kebijakan redaksi Surat Kabar Mingguan Galura dalam Rubrik Warna Warni (Studi Deskriptif Mengenai Kebijakan Redaksi Surat Kabar Mingguan Galura dalam Rubrik Warna Warni Untuk Mengaktualisasikan Nilai Kearifan Lokal Sunda)

Khairil Hamdi, Andy (2013) Kebijakan redaksi Surat Kabar Mingguan Galura dalam Rubrik Warna Warni (Studi Deskriptif Mengenai Kebijakan Redaksi Surat Kabar Mingguan Galura dalam Rubrik Warna Warni Untuk Mengaktualisasikan Nilai Kearifan Lokal Sunda).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan redaksi surat kabar mingguan Galura dalam rubrik warna-warni. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menganalisis dengan menguraikan subfokus Tujuan, dan Tindakan.Pendekatan Penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, studi pustaka, observasi pastisipan (participant observation), dan internet searching. Subjek penelitian adalah redaktur dan wartawan di SKM Galura. Dengan informan peneliti berjumlah 4 orang, dan untuk memperkuat penelitian ditetapkan 4 informan pendukung. Diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan penyeleksian data, klasifikasi data, merumuskan hasil penelitian, dan menganalisa hasil penelitian, dengan uji keabsahan data perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, kecukupan referensi dan pengecekan anggota.Hasil Penelitian adalah 1.) Tujuan rubrik warna-warni diketahui untuk melestarikan, mempertahankan, memelihara juga mengaktualisasikan kembali nilai-nilai kearifan lokal sunda. Selain itu untuk menjaga dan meyebarluaskan kepada masyarakat khususnya yang berada di Jawa Barat agar selalu mengetahui bahwa kearifan lokal sunda yang ada di daerahnya 2.) Tindakan yang dilakukan oleh redaksi Galura untuk rubrik warna-warni yaitu dengan mengadakan rapat setiap minggunya, dan memberikan kontribusi langsung kepada wartawan dan koresponden yang berada di setiap daerah di tataran sunda, agar informasi atau isi berita yang ada didalam rubrik warna-warni memiliki nilai kearifan lokal sunda.Kesimpulan Penelitian adalah kebijakan redaksi SKM Galura dalam rubrik warna-warni sudah bisa terlaksana sesuai dengan tujuan, harapan, dan visi misinya Galura sebagai koran yang bisa mengaktualisasikan kembali nilai kearifan lokal sunda.Saran Penelitian adalah Seharusnya selagi masih ada bahasa sunda yang bisa dipakai, sebaiknya digunakan bahasa sunda tidak di campurkan oleh bahasa Indonesia atau bahasa asing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tujuan, harapan, dan visi nilai kearifan lokal sunda
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24978

Actions (login required)

View Item View Item