Konsep Diri Mahasiswa Asing Timor Leste di Unikom Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Konsep Diri Mahasiswa Asing Timor Leste dalam Berinteraksi Dengan Lingkungannya)

Seniroshidayanti, (2013) Konsep Diri Mahasiswa Asing Timor Leste di Unikom Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Konsep Diri Mahasiswa Asing Timor Leste dalam Berinteraksi Dengan Lingkungannya).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Konsep Diri Mahasiswa Asing Timor Leste di Unikom Bandung. Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat sub fokus-sub fokus penelitian berikut ini : significant others, rereference group dalam membentuk konsep diri mahasiswa asing Timor Leste . Sub fokus tersebut untuk mengukur fokus penelitian, yaitu : Konsep diri mahasiswa asing timor leste di Unikom Bandung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Informan penelitian ini berjumlah 13 (tiga belas) orang,untuk informan berjumlah 6(enam) orang dan informan pendukung berjumlah 7(tujuh) orang. Data sendiri diperoleh melalui wawancara mendalam, studi literatur, internet searching. Untuk uji keabsahan data dilakukan triangulasi data dan pengecekan anggota. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data,penyajian data, penarikan kesimpulan, evaluasi.Hasil penelitian ini menunjukan Konsep Diri mahasiswa asing Timor Leste adalah sudah terbentuk secara baik dan cukup kuat dari terpaan pengaruh faktor-faktor lingkungan. Konsep diri mahasiswa asing Timor Leste cukup dipengaruhi oleh peran significant others.Disamping itu peran rereference group yang terdiri dari sahabat atau teman dari mahasiswa asing Timor Leste tidak terlalu memberikan pengaruh besar dalam mempengaruhi pembentukan konsep diri.Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa konsep diri mahasiswa asing Timor Leste dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun tetap faktor terbesarnya adalah berasal dari dalam diri mahasiswa asing tersebut dan faktor significant others dan rereference group memiliki porsinya masing-masing dalam pembentukan konsep diri dan yang lebih mempengaruhi adalah faktor significant others atau keluarga dari mahasiswa asing Timor Leste yang menjadi fondasi awal pembentukan konsep diri mahasiswa asing Timor Leste .Saran yang dapat peneliti berikan untuk mahasiswa asing Timor Leste adalah agar memiliki sebuah konsep diri yang lebih kuat lagi agar tidak mudah terpengaruh oleh terpaan dari faktor-faktor luar atau eksternal serta meminimilasir efek prasangka-prasangka negatif dari pengalaman orang lain maupun diri sendiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri , Mahasiswa Asing, Timor Leste
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24979

Actions (login required)

View Item View Item