Makna kalung (Tato) Dayak bahau di Kalimantan Timur ( Analisis Semiotik Charles sanders Pierce, Mengenai Makna kalung (Tato) Dayak Bahau di Kalimantan)

Eligius Belawing, Arye (2013) Makna kalung (Tato) Dayak bahau di Kalimantan Timur ( Analisis Semiotik Charles sanders Pierce, Mengenai Makna kalung (Tato) Dayak Bahau di Kalimantan).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Analisis semiotik Charles Sanders Pierce Mengenai Makna pada kalung atau tato bunga terong yang disandang masyarakat Dayak Bahau di Kalimantan Timur. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dimunculkan pertanyaan tentang bagaimana tanda, bagaimana objek dan bagaimana interpretan tentang makna semiotik.Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis dengan teknik analisis semiotik. informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah satu orang. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, internet searcing, wawancara mendalam.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa makna dari tanda yang terdapat pada kalung (tato) Dayak Bahau atau kalung bunga terong merupakan makna dasar atau terkecil yang terdapat dalam sebuah tanda. Dalam penelitian ini yaitu tanda-tanda yang terdapat dalam motif atau gambar kalung bunga terong yang disandang lelaki masyarakat Dayak Bahau di Kalimantan Timur, merupakan sebuah fenomena kejadian yang terjadi dimasa lampau lalu diaplikasikan menjadi sebuah tanda atau simbol dalam kehidupan bermasyarakat mereka sehari-hari.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa makna simbolik pada kalung (tato) atau kalung bunga terong merupakan suatu bentuk menganalisaan terhadap suatu bentuk elemen-elemen yang terbagi akan tiga komponen, yaitu tanda, objek, dan interpretan.Saran bagi masyarakat luas agar tidak takut dan percaya tentang arti atau makna orang-orang yang menggunakan kalung bunga terong dalam kehidupan yang serba mederen seperti sekarang ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kalung bunga terong. Analisis semiotik Charles Sanders Pierce, dalam tanda, objek, interpretan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24982

Actions (login required)

View Item View Item