Konsep Diri Pria Penata Rias ( Studi Fenomenologi Konsep Diri Pria Penata Rias dalam Meningkatkan Kreatifitasnya di Kota Bandung)

Rolland Skandinavia, Mas (2013) Konsep Diri Pria Penata Rias ( Studi Fenomenologi Konsep Diri Pria Penata Rias dalam Meningkatkan Kreatifitasnya di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri seorang pria penata rias di kota Bandung.Untuk menjawab tujuan penelitian, maka peneliti menanya kan tiga sub focus yaitu self, society,mind seorang pria penata rias di kota Bandung . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologi. Peneliti melakukan penetuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan peneliti menggunakan Studi kepustakaan dan Studi Lapangan sebagai teknik pengumpulan data.Informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang terdiri dari 3 orang pria penata rias, dan 4 key informan yaitu 2 orang konsumen , 1 orang kerabat informan dan 1 orang psikolog.Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang pria penata rias memaknai diri (self) nya biasa saja tidak beda dengan pekerjaan lainnya, yang membedakannya yaitu penata rias umumnya dikerjakan oleh wanita tetapi saat ini pria pun bisa melakukan pekerjaan itu. Banyak pandangan-pandangan positif dan negatif yang diberikan oleh societydalam interaksi sosial yang dilakukan. Meskipun dengan demikian, seorang pria penata rias tetap bersyukur dalam menjalani pekerjaannya dengan kemampuan yang dimiliki. Kemudian society memaknai seorang pria penata rias di kota Bandung tidak terlalu dipermasalahkan. Hal tersebut terjadi karena saat ini orang menilai pria yang bekerja sebagai penata rias itu hal yang biasa dan seorang pria yang bekerja sebagai penata riasbisa lebih rapih dari wanita yang menata rias, dikarenakan jika pria yang menata rias dapat menilai wanita dari berbagai sisi. Terlebih dari itu seorang pria penata rias mempunyai pikiran (mind) bahwa pekerjaannya itu sama seperti orang lain dan pria penata rias juga memikirkan materi untuk menghidupinya dan menghidupi keluarganya .Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, konsep diri seorang pria penata rias itu positif dikarenakan dirinya menyukai profesi sebagai penata rias dari kecil ataupun yang awalnya hobi dan akhirnya ingin mengasah kemampuannya menjadi lebih maksimal. Selain itu adapunun faktor-faktor dipengaruhi oleh masyarakat society.Saran yang dapat peneliti berikan adalah Pria penata rias harus mampu mengembangkan konsep diri yang sesuai dengan dengan dirinya, agar tidak ada pandangan negatif dari masyarakat sekitar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Fenomenologi, Pria Penata Rias
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24987

Actions (login required)

View Item View Item