Marketing Politik calon Walikota Bandung (studi kasus marketing Politik Budi

Suprapto, Budi (2013) Marketing Politik calon Walikota Bandung (studi kasus marketing Politik Budi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui marketing politik yang dilakukan Budi ��Dalton�� Setiawan sebagai calon Independen Walikota Bandung dalam Pemilukada 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus Creswell. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Product politik, Promotion politik, Price politik, dan Place politik.Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, penelusuran kepustakaan, dan penelusuran secara on-line. Objek yang diteliti adalah marketing politik Budi ��Dalton�� Setiawan sebagai calon Independen Walikota Bandung dalam Pemilukada 2013.Hasil penelitiann yang diperoleh menjelaskan bahwa political marketing yang dilakukan oleh Budi Dalton melalui apa yang disebut dengan marketing mix yaitu Product, Promotion, Price, dan Place, yang di dalamnya Budi Dalton mencoba mengemas produk politiknya yang berisikan ideology, program kerja, dan citra diri dengan jati diri Budaya Sunda. Sementara itu media promosi Budi Dalton ketika kampanye melalui media sosial, poster, dan spanduk, serta kunungan langsungke masyarakat. Price politik yang dikeluarkan Budi Dalton dalam pemwalkot ini terbilang rendah yaitu hanya 200 sampai 300 juta rupiah. Sedangkan place politik yang Budi Dalton coba ambilpada pemwalkot ini masih terlalu segmented, yaitu terbatas pada komunitas, dan rekan-rekan budayawannya.Simpulan penelitian ini menjelaskan tentang marketing politik yang dilakukan Budi ��Dalton�� Setiawan masih kurang efektif, hal tersebut disebabkan oleh rendahnya cost politik yang mengakibatkan kurang bergeraknya mesin politik untuk menjalankan strategi marketing mix.Peneliti memberikan saran kepada para politisi agar dapat berpolitik secara murah, serta kepada masyarakat untuk tidak memanfaatkan peristiwa politik untuk keuntungan pribadi yang dapat menyebabkan tingginya cost politik di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Marketing Politik, Budi Dalton, Pemwalkot
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24989

Actions (login required)

View Item View Item