Representasi Konflik dalam Film The Bang Bang Club (Analisis Semiotik Roland Barthes Mengenai Konflik dalam Film The Bang Bang Club)

Rinaldi Chikal, Maorachmansyah (2013) Representasi Konflik dalam Film The Bang Bang Club (Analisis Semiotik Roland Barthes Mengenai Konflik dalam Film The Bang Bang Club).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna semiotik tentang konflik yang terdapat dalam film The Bang Bang Club, menganalisis apa saja makna yang terdapat dalam film The Bang Bang Club yang berkaitan dengan konflik yaitu makna denotasi, konotasi, mitos/ideologi sesuai dengan analisis semiotik menurut Roland Barthes.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotik Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, studi dokumentasi, dan penelusuran data online. Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film The Bang Bang Club dengan mengambil lima sequence.Makna denotasi yang terdapat dalam sequence The Bang Bang Club menunjukkan adanya konflik antar sesama suku dimana konflik tersebut hanya bisa diselesaikan dengan cara kekerasan. Makna konotasi didapat dari adanya aktifitas seperti bentrokan sebagai bentuk penolakan dan kata-kata kasar yang diucapkan sebagai wujud penolakan yang berujung pada munculnya konflik. Makna Mitos/Ideologi yang terdapat dari sequence, terlihat dari penggunaan senjata sebagai alat untuk menyelesaikan konflik bila tidak dapat ditempuh dengan jalan damai dan penggunaan kata-kata kasar sebagai bentuk penolakan tanpa menghiraukan gender dan status yang dapat memicu konflik secara verbal.Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa konflik yang terjadi antara pendukung African National Congress (ANC) dengan Inkatha yang menggunakan kekerasan karena dianggap mampu menyelesaikan konflik, penggunaan kata-kata kasar dapat memicu konflik walaupun tidak bermaksud untuk menambah konflik yang sedang terjadi.Peneliti memberikan saran bagi para sineas dapat lebih mengangkat apa yang masyarakat belum diketahui dengan representasi ke dalam sebuah film secara menarik. Film The Bang Bang Club sarat dengan pesan moral dan dapat dijadikan contoh serta pembelajaran bagi masyarakat Indonesia yang masih sangat rawan konflik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Roland Barthes, semiotika, kualitatif, konflik, denotasi, konotasi, mitos, ideologi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24990

Actions (login required)

View Item View Item