transformasi Identitas Diri Mustamik dalam Majelis Taklim Asy-Syifa Wal mahmuudiyyah (Studi Fenomenologi Transformasi Identitas Diri Mustamik Dalam majelis Taklim Asy-Syifaa Wal Mahmuudiyyah di Kota Bandung)

Muda Arianto, Yanis (2013) transformasi Identitas Diri Mustamik dalam Majelis Taklim Asy-Syifa Wal mahmuudiyyah (Studi Fenomenologi Transformasi Identitas Diri Mustamik Dalam majelis Taklim Asy-Syifaa Wal Mahmuudiyyah di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Proses Transformasi Identitas Diri Mustamik dalam Majelis Taklim Asy-Syifaa Wal Mahmuudiyyah di Kota Bandung. Transformasi identitas diri mustamik, meliputi identitas diri sebelum masuk majelis taklim, pengelolaan kesan pada saat didalam majelis taklim, dan identitas diri setelah masuk majelis taklim.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi dengan teori konstruksi realitias sosial. Untuk pengumpulan data dilakukan wawancara mendalam, observasi pasrtisipan, studi kepustakaan dan pencarian internet. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling, dengan tujuan karena informan yang diambil dengan pertimbangan yang tertentu. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan, trianggulasi, diskusi dengan teman sejawat dan member check.Hasil penelitian menunjukan pada saat sebelum masuk mustamik sudah memiliki identitas tetapi dengan adanya kebosanan dan pengaruh orang terdekat mereka sedikit merubah diri mereka dengan mengikuti majelis taklim, setelah itu mereka melakukan strategi dalam perubahan yang dinginkan, strategi tersebut berupa pengelolaan kesan yang terjadi di majelis taklim yang dapat mengarahkan perubahan yang dilakukan oleh mustamik, lalu muncul sebuah identitas baru yang dinginkan setelah masuk majelis taklim.Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat tiga tahap yang terjadi pada transformasi identitas diri mustamik, tahapan tersebut meliputi sebelum masuk lalu melakukan pengelolaan kesan dan muncul sebuah identitas baru setelah masuk majelis taklim, dan adapun saran dari hasil penelitian ini yaitu bagi masyarakat pilihlah majelis taklim yang benar mengajarkan sesuatu kearah yang baik dan gunakan pengelolaan kesan agar identitas yang didapat menjadi identitas yang diinginkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Majelis taklim asy-syifaa wal mahmudiyyah, transformasi identitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24991

Actions (login required)

View Item View Item