Adaptasi Interaksi Komunitas Tiger Kaskus (Studi Deskriptif Mengenai Adaptasi Interaksi Anggota Komunitas Tiger Kaskus di Kota Bandung)

Satria Gumilar, Bayu (2013) Adaptasi Interaksi Komunitas Tiger Kaskus (Studi Deskriptif Mengenai Adaptasi Interaksi Anggota Komunitas Tiger Kaskus di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan mengenai Adaptasi Interaksi Anggota Komunitas Tiger Kaskus Di Kota Bandung, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola resiprokal dan pola kompensasi.Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara, observasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Informan yang ditunjuk oleh peneliti berjumlah 3 (tiga) orang dengan teknik purposive sampling yang semuanya adalah anggota Komunitas Tiger Kaskus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses adaptasi interaksi antar Anggota Komunitas Tiger Kaskus melalui dua unsur yaitu pola resiprokal dan pola kompensasi. Pola resiprokal didasari oleh komunikasi yang didalamnya terdapat proses peniruan dari para lawan bicara yang memiliki kesamaan kepercayaan seperti agama, kesamaan kepribadian seperti sifat, kesamaan perilaku seperti kebiasaan, yang ketiganya merupakan unsur yang berkaitan satu sama lain. Pola kompensasi adalah komunikasi yang didalamnya terdapat suatu penghindaran komunikasi diantara anggota yang didasari oleh bagaimana anggota tersebut mempertahankan identitas seperti status sosial, kebanggaan budaya, dan perbedaan individu seperti pola pikir.Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa proses adaptasi interaksi yang terjadi tidak terlepas dari bagaimana seseorang melakukan proses peniruan dan juga penjagaan jarak karena perbedaan budaya, kedua unsur ini merupakan hal yang selalu dilalui oleh anggota dengan tujuan akhir anggota dapat mengenal semua anggota dengan baik dan timbul rasa nyaman serta rasa memiliki yang tinggi. Rasa kenyamanan dan kedekatan tersebut nantinya akan membentuk suatu kebersamaan yang hakiki. Saran yang disampaikan yaitu bahwa setiap anggota baru harus mempunyai mental yang kuat serta tujuan yang selaras dengan komunitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: adaptasi interaksi, pola resiprokal, pola kompensasi, komunitas tiger kaskus
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24992

Actions (login required)

View Item View Item