Daya Tarik Komunikator dalam Program Fire Kid's pada taman Kanak-Kanak Kota Bandung (Studi Deskriptif Tentang daya Tarik Komunikator dalam Program Kunjungan Kegiatan Penyuluhan pada Taman Kanak - Kanak Kota Bandung

Pahlevi, Andra (2013) Daya Tarik Komunikator dalam Program Fire Kid's pada taman Kanak-Kanak Kota Bandung (Studi Deskriptif Tentang daya Tarik Komunikator dalam Program Kunjungan Kegiatan Penyuluhan pada Taman Kanak - Kanak Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui mengenai daya tarik komunikator dalam program kunjungan fire kid��s pada taman kanak-kanak kota Bandung. Untuk menjawab mengenai daya tarik tersebut maka peneliti mengangkat dua sub fokus yaitu kekuatan dan pesan dari program Fire Kid��s Pada Taman Kanak-Kanak Kota Bandung.Pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif subjek penelitian adalah bagian penyuluhab dan bagian tata usaha Dinas Pemadam Kebakaran kota Bandung dan informan dengan informan pendukung masing-masing sebanyak 3 orang yang diperoleh dengan proposive sampling. Kekuatan daya tarik dirasakan pengunjung pada pesan yang disampaikan yaitu dapat dipahami karena menggunakan bahasa yang ringan dan ekuatan pada program ini selain itu anak-anak bias mudah mengerti dan memahaminya juga dapat mempraktekannya kembali dalam kehidupan sehari-hari. Pesan yang digunakan bersipat infomatif dan persuasive materi yang disampaikan sangat dirangkai sebaik mungkin agar bias mudah dimengerti oleh mereka. Data yang diperoleh melalui wawancara yang mendalam, observasi, studi pustaka, internet searching dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan wawancara yang disusun oleh peneliti dengan menyusun daftar pertanyaan hasil wawancara yang disusun oleh peneliti dan uji keabsahan data yang digunakan tringulasi dan pengecekan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasiHasil Penelitian menunjukan yang tepat bahwa program yang disampaikan pada pengunjung oleh faktor pesan. Pesan yang bersifat informatif dan persuasif dan penggunaan bahasa yamg mudah dimengerti oleh anak-anak, media yang digunakan pada kegiatan ini adalah apar (pemadam api), karung, drum selang dan air. pada program Fire Kid��s ini adalah terletak pada mempraktekan langsung alat kebakaran dan berkeliling mengunakan mobil pemadam kebakaran hal tersebut menjadi hal yang menarik bagi pengunjung.Kesimpulan dari penelitian adalah daya taik dirasakan oleh pengunjung pada pesan yang disampaikan yaitu : dapat dipahami karena menggunakan bahasa yang ringan kekuatannya program Fire Kid��s ini memiliki pesan dan kekuatan yang mampu merik perhatian pengunjung.menyampaikan informatif dan persuasif yang disampaikan Dinas Pemadam Kebakaran kota Bandung yang dikemas semenarik mungkin dan tidak membosankan, program ini lah yang membedakan dengan program lainnya. Saran Melalui kegiatan Fire Kid��s peneliti menyarankan agar lebih berfariasi lagi dalam menggunakan media-media yang diperlihatkan agar anak-anak lebih tertarik untuk mencoba dan menggunakan alat tersebut, misalnya : air, Apar, Karung dan Drum sehingga dapat timbul keingin tauan yang tinggi dalam mengikuti kegiatan Fire Kid��s.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: daya tarik, komunikator, taman kanak-kanak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24994

Actions (login required)

View Item View Item