Pola Komunikasi pimpinan Departemen Komunikasi PT. Dirgantara Indonesia (Studi Deskriptif Tentang Pola Komunikasi Pimpinan Departemen Komunikasi dalam Memotivasi Karyawan PT. Dirgantara Indonesia)

Ichsan Hilmanasah, Ricky (2013) Pola Komunikasi pimpinan Departemen Komunikasi PT. Dirgantara Indonesia (Studi Deskriptif Tentang Pola Komunikasi Pimpinan Departemen Komunikasi dalam Memotivasi Karyawan PT. Dirgantara Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi pimpinan departemen komunikasi dalam memotivasi karyawan PT. Dirgantara Indonesia, untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, penelitian ini memiliki sub fokus yaitu proses komunikasi dan interaksi untuk menganalisa fokus penelitian pola komunikasi.Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan metode desktiptif, dengan PT Dirgantara Indonesia sebagai subyek utama. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah informan satu orang dan informan pendukung sebanyak empat orang. Data penelitian diperoleh melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi dan pencarian data online. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi, diskusi dengan teman sejawat dan memberchek.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Proses komunikasi pimpinan departemen komunikasi PT. Dirgantara Indonesia berlangsung dua arah, dimana tidak hanya pimpinan saja yang selalu menyampaikan pesan dan informasi kepada bawahannya, namun pimpinan juga selalu memberikan kesempatan pada bawahannya untuk menyampaikan pesan dan informasi. Interaksi antara pimpinan dengan bawahan terjalin dengan suatu hubungan yang harmonis karena pimpinan mempunyai cara untuk menjalin dan mempertahankan hubungan baik diantara pimpinan dan karyawannya yaitu dengan selalu berkomunikasi dengan santai seperti dalam kesempatan makan siang atau waktu istirahat siang.Kesimpulan penelitian dari pola komunikasi yang terjalin antara pimpinan dengan bawahannya didepartemen komunikasi PT. Dirgantara Indonesia, yang didalamnya terdapat proses komunikasi dan interaksi sudah berjalan sesuai dengan harapan dimana didalam komunikasi pimpinan dan karyawannya sudah dilalui dengan proses komunikasi dan interaksi dengan melakukan komunikasi timbal balik.Saran untuk peneliti selanjutnya, persiapkan dahulu judul skripsi yang akan diambil dan judul harus bisa lebih dikuasai oleh peneliti, untuk memperjelas data yang diperoleh dalam penelitian disarankan untuk lebih membaca referensi-referensi dari berbagai literatur baik buku dalam negeri maupun luar negeri sebagai tambahan yang lebih luas dan mendalam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Proses Komunikasi dan Interaksi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24995

Actions (login required)

View Item View Item