Makna Pesan Bahasa Widal pada Masyarakat Sukabumi (Studi Etnografi dalam Memaknai Pesan bahasa Widal pada Masyarakat Tipar Sukabumi)

Heryandi, Yandi (2013) Makna Pesan Bahasa Widal pada Masyarakat Sukabumi (Studi Etnografi dalam Memaknai Pesan bahasa Widal pada Masyarakat Tipar Sukabumi).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pesan bahasa Widal pada masyarakat Tipar Sukabumi. Peneliti akan memaparkan makna pesan melalui bentuk isyarat, bentuk refleksi diri, bentuk pengaruh sosial dan bentuk kebersamaan. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Informan berjumlah 4 orang dan key informan 2 orang yang ditentukan melalui teknik purposif sampling. Teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Penelitian dilakukan di Kelurahan Tipar Sukabumi, dimulai dari bulan Februari-Juli 2013.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna pesan bahasa Widal sebagai bentuk isyarat masyarakat Tipar Sukabumi ditunjukan sebagai bahasa sandi yang digunakan sebagai pembeda dengan masyarakat lainnya. Makna pesan sebagai bentuk refleksi diri menunjukan bahwa penggunanya memiliki ikatan emosional dengan masyarakat Tipar lainnya dan turut merepresentasikan budaya Sukabumi yang bersifat kesukuan. Makna pesan sebagai bentuk pengaruh sosial menunjukan bahwa bahasa Widal dapat meningkatkan prestise, kepercayaan diri, dan status sosialnya dalam masyarakat Tipar. Pengguna bahasa widal akan mendapatkan pengakuan dari masyarakat Tipar lainnya, dan mewariskannya dengan mempergunakan bahasa Widal pada kehidupan sehari-hari. Makna pesan sebagai bentuk kebersamaan menunjukan bahwa bahasa Widal merupakan bentuk identitas bersama masyarakat Tipar yang harus dijaga bersama. Ada kesepakatan bahwa bahawa Widal sebagai bahasa asli penduduk tipar yang pola penerapannya tetap sama dari jaman dulu hingga sekarang. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pesan bahasa Widal pada masyarakat Tipar Sukabumi pada dasarnya diakui sebagai bentuk warisan budaya yang dapat menjadi identitas para pelakunya sehingga harus dilestarikan keberadaannya sebagai salah satu sarana interaksi dalam sosialitas masyarakat Tipar dan Sukabumi.Saran yang dapat peneliti berikan yaitu sebaiknya masyarakat Tipar dapat mempergunakan bahasa Widal dalam keseharian dan dapat memberikan sarana formal bagi siapa saja yang ingin mempelajari bahasa Widal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: makna pesan, bahasa Widal, kebudayaan, masyarakat Tipar.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25000

Actions (login required)

View Item View Item