Evaluasi kebijakan program dana bantuan operasional sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 29 Kota Bandung

Efriani, Yusi (2013) Evaluasi kebijakan program dana bantuan operasional sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 29 Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Evaluasi kebijakan program dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan proses penilaian yang dilakukan oleh pemerintah Kota Bandung diantaranya dinas pendidikan, walikota dan seluruh manajemen sekolah yang ditunjuk pemerintah dalam penyaluran dana BOS. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu evaluasi kebijakan dari William N. Dunn. Dunn mengemukakan bahwa evaluasi kebijakan memiliki enam indikator yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas dan ketepatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive.Berdasarkan hasil penelitian bahwa evaluasi kebijakan program dana BOS Di Kota Bandung dinilai dari indikator efektivitas yang memperhatikan proses dan kepuasan yang berhubungan dengan tercapainya proses wajib belajar sembilan tahun bagi seluruh masyarakat Kota Bandung. Efisiensi yaitu berkaitan dengan tenaga dan biaya yang berhubungan dengan manajemen sekolah diantaranya komite sekolah yang bertugas untuk membuat rancangan kebutuhan operasional siswa dalam satu periode tertentu. Kecukupan yang memperhatikan aspek kebutuhan dan nilai. Perataan yang memperhatikan kewajaran dan keadilan yang berhubungan dengan tercapainya pendidikan yang berlaku untuk semua kalangan sekolah negeri maupun swasta. Responsivitas yang memperhatikan aspek masalah dan aspirasi masyarakat yaitu berhubungan dengan proses mendidik masyarakat yang dilakukan pemerintah Kota Bandung belum efektif karena masyarakat sebagai alat kontrol. Ketepatan yang memperhatikan aspek sasaran dan waktu dimana aspek tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan BOS yang sampai saat ini menjadi masalah yang belum terpecahkan karena pernah terjadi keterlambatan dalam penyaluran dana BOS di SMPN 29 Kota Bandung.Evaluasi kebijakan program dana BOS Kota Bandung sudah cukup baik dengan adanya perubahan-perubahan mekanisme untuk mencapai hal yang lebih baik lagi dengan terus mencari nilai efisiensi dan aspek waktu supaya tidak ada keterlambatan lagi dalam penyaluran dana BOS yang mengakibatkan dana yang telah dianggarkan menjadi tidak efisien.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kebijakan Program BOS
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25012

Actions (login required)

View Item View Item