Strategi humas dan protokol sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat dalam memfasilitasi aspirasi masyarakat Jawa Barat

Rahma Mustika, Silfia (2013) Strategi humas dan protokol sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat dalam memfasilitasi aspirasi masyarakat Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi yang dilakukan oleh Humas dan Protokol dalam memfasilitasi aspirasi masyarakat, yaitu dimulai dari perencanaan dan manajemen.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan Metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat. Teknik yang digunakan penulis dalam memilih informan adalah purposive sampling.Hasil penelitian tahap perencanaan adalah melakukan pencarian fakta yang dilakukan masyarat pada zaman dulu dan zaman sekarang dalam menyampaikan aspirasinya, selanjutnya perencanaan media dimana pada aspirasi langsung menggunakan ruangan media centre dengan fasilitas multimedia dan aspirasi tidak langsung menggunakan system media centre. Selanjutnya adalah perencanaan kegiatan, dimana pada aspirasi langsung mengundang aspiran ke ruangan multimedia, pada aspirasi tidak langsung melakukan peninjauan lapangan dan kunjungan kerja yang diambil dari aspirasi melalui media. membuat cara dan teknis penyampaian aspirasi dan melakukan pemilihan tempat dan waktu yang disesuaikan dengan situasional dan disesuaikan dengan waktu komisi terkait. Pada tahap manajemen menggunakan fungsi manajemen yaitu planning yang mana pada tahap ini merumuskan kembali perencanaan yang sudah dibuat dan mengimplementasikannya, Organizing, Actuating, dan Controlling.Dari hasil tersebut, peneliti menyimpulkan Strategi yang dilakukan Humas dan Protokol Sekretariat DPRD provinsi Jawa Barat sudah dapat membantu Instansi dalam pencapaian suatu tujuan dalam memfasilitasi aspirasi masyarakat. Saran yang peneliti sampaikan adalah mensoalisasikan media yang digunakan dengan membuat spanduk disetiap kabupaten kota, memberikan pelatihan mengenai media dan internet kepada masyarakat. Melakukan laporan kerja karyawan setiap satu bulan sekali.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gathering, humas, public relations, protokoler
Subjects: D3 Tugas Akhir > Public Relations > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25019

Actions (login required)

View Item View Item