Sistem Informasi Inventory Suku Cadang Lokomotif Berbasis Web di PT. Kereta Api (Persero) Daop 2 Bandung Unit Dipo Lokomotif Bandung

Cahyawibawa, Nurasa (2013) Sistem Informasi Inventory Suku Cadang Lokomotif Berbasis Web di PT. Kereta Api (Persero) Daop 2 Bandung Unit Dipo Lokomotif Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dipo Lokomotif Bandung adalah salah satu dipo milik PT. Kereta Api yang terletak di Jalan Hoscokroaminoto no.30 bandung yang bertugas menyediakan lokomotif yang handal sebagai penarik kereta api. Sebagai penyedia lokomotif yang handal, maka dipo lokomotif bandung tidak terlepas dari kebutuhan sparepart atau suku cadang karena di dipo tersebut dilakukan penggantian suku cadang yang rusak atau memang seharusnya diganti.Di Dipo tersebut semua proses pemeliharaan maupun perbaikan masih dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan berbagai masalah, diantaranya adalah kesulitan untuk mengontrol stok barang, waktu pengadaan barang dan jumlah barang yang harus dipesan.Karena adanya berbagai masalah yang teridentifikasi, dipo lokomotif bandung ingin membangun sebuah sistem informasi untuk menanggulangi masalah-masalah tersebut. Sistem informasi yang dibangun menggunakan metode EOQ (Economic Order Quantity) sebagai solusi perhitungan statistika untuk menentukan jumlah pesanan dengan biaya seminimal mungkin.Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan metode observasi. Metode pengembangan sistem dari sistem informasi menggunakan metode waterfall, sedangkan metode aliran data yang dipakai adalah metode terstruktur, yaitu DFD (Data Flow Diagram) dalam menggambarkan model fungsional dan ERD (Entity Relationship Diagram) untuk menggambarkan model data. Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan software PHP dengan media penyimpanan / database MySQL.Sistem informasi inventory suku cadang lokomotif menggunakan metode Economic Order Quantity dapat membantu dalam pendataan ketersediaan barang dan menentukan jumlah barang yang harus dipesan ke supplier. Sehingga pembelian dan pengadaan stok barang menjadi efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: system informasi, pengontrolan stok barang, EOQ(Economic Order Quantity), php, MySQL
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25030

Actions (login required)

View Item View Item