Aplikasi Pengelolaan Informasi Kegiatan Ionosfer dan Telekomunikasi di Lembaga Penerbangan dan Antariksa nasional (LAPAN) Bandung Berbasis Android

Ramdhani Fitri, Elsa (2013) Aplikasi Pengelolaan Informasi Kegiatan Ionosfer dan Telekomunikasi di Lembaga Penerbangan dan Antariksa nasional (LAPAN) Bandung Berbasis Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) merupakan instansi pemerintah yang berkedudukan Lembaga Pemerintah Non Departemen yang bernaung dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Pelaksanaan tugasnya dikoordinasikan oleh Menteri Riset dan Teknologi. Dalam pelaksanaannya LAPAN terdiri dari beberapa Deputi yang membawahi berbagai pusat penelitian. Salah satunya adalah Pusat Sains Antariksa Bidang Teknologi Pengamatan ionosfer dan telekomunikasi yang beralamat di Jl. Dr. Djunjunan No 133 Pasteur Bandung. Lembaga atau Instansi ini mengalami masalah dalam proses pengelolaan dalam proses menyampaikan sebuah informasi. Masalah ini timbul karena dalam proses pengelolaan menyampaikan sebuah informasi kepada masyarakat yang dilakukan hanya mengandalkan laptop sebagai media akses yang sering digunakan dalam device memberikan sebuah informasi dengan menggunakan webbased sebagai penunjang tersampaikannya sebuah informasi tersebut kepada masyarakat.Metodologi yang dipakai dalam aplikasi ini adalah metodologi Prototype yang meliputi identifikasi kebutuhan pemakai, pembuatan prototype, pengujian prototype, perbaikan prototype dan pengembangan aplikasi yang digunakan diharapkan dapat membantu dalam perancangan aplikasi ini serta desain penelitian dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Alat yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah berupa diagram Use Case, diagram aktivitas, diagram sequence, diagram deployment, diagram kolaborasi, diagram objek dan kelas diagram. Program aplikasi ini menggunakan bahasa pemogrman Java untuk logic android, XML untuk layout, My SQL untuk database, dan PHP untuk komunikasi android ke My SQL.Pengelolaan informasi merupakan suatu proses yang dilakukan oleh seorang administrator di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Bandung untuk memberikan suatu informasi yang cepat. Dengan menggunakan teknologi smartphone berbasis Android ini aplikasi pengelolaan informasi kegiatan ionosfer dan telekomunikasi ini bisa membantu seorang administrator untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan cepat, tepat dan akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Pengelolaan Informasi, berbasis Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25032

Actions (login required)

View Item View Item