Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat dan Kenaikan Gaji Berkala pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Barat

Sutrisno (2013) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat dan Kenaikan Gaji Berkala pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas PSDA merupakan instansi yang mengurus tujuh balai yang ada di Jawa Barat. Salah satu bagian yang ada di Dinas PSDA Jawa Barat adalah Sub Kepegawaian dan Umumyang saat ini menangani Kenaikan Pangkat dan Kenaikan Gaji Berkala untuk Pangkat Reguler dan Fungsional Angka Kredit dari 7 balai. Sistem yang ada saat ini masih manual sehingga terdapat masalah yaitu dokumen mudah rusak dan terkadang hilang, pengolahan data yang kurang baik, penjadwalan terkadang terlewat, terkadang terjadi kesalahan perhitungan dan lamanya proses penentuan dalam kenaikan pangkat dan gaji berkala pegawai.Untuk menyelesaikan masalah serta memperbaiki pelayanan pegawai yang ada pada Dinas PSDA Jabar, maka diperlukan pembangunan sistem informasi yang bisa mempermudah Sub Kepegawaian dan Umum dalam hal pelayanan dan penentuan kelayakan seorang pegawai untuk mendapatkan kenaikan pangkat dan gaji berkala. Sistem informasi yang dibutuhkan dalam permasalahan ini adalah menggunakan metode sistem pendukung keputusan (SPK). Pembangunan sistem ini diharapkan akan memberikan keuntungan dan kemudahan bagi Dinas PSDA Jabar. SPK merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan memanipulasi data. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktural dan situasi yang tidak terstruktur. Adapun metode yang digunakan dalam SPK tersebut adalah Electre. Electre merupakan suatu metode perangkingan melalui perbandingan berpasangan antar alternatif pada kriteria yang sesuai untuk menyelesaikan masalah yang komplek kedalam bagian-bagian dari komponennya.Berdasarkan pengujian Blackbox yang telah dilakukan maka aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat dan Gaji berkala ini akan berguna untuk membantu dalam proses Pengajuan Kenaikan Pangkat dan Gaji Berkala. Namun masih diperlukan pengembangan sistem untuk memperbaiki kekurangan sistem yang telah dibuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: SPK, Electre, Kenaikan Pangkat.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25042

Actions (login required)

View Item View Item