Membangun Aplikasi Learning Management System Sekolah Online di SMK Negeri 4 Sukabumi

Setiawan, Iwan (2013) Membangun Aplikasi Learning Management System Sekolah Online di SMK Negeri 4 Sukabumi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMK Negeri 4 Sukabumi berlokasi di Jalan Merdeka KM 4 Kota Sukabumi didirikan pada tahun 2008. Dari hasil penelitian penyusun terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh SMK tersebut yaitu, yang pertama permasalahan pada saat guru berhalangan hadir hal ini dapat mengakibatkan siswa ketinggalan pelajaran, yang kedua tidak adanya sarana komunikasi antar guru dengan siswa di luar lingkungan sekolah akibatnya pemahaman siswa menjadi terhambat dikarenakan tidak dapat menanyakan atau berdiskusi selama di luar lingkungan sekolah, dan yang ketiga adalah tidak adanya analisis untuk mengukur tingkat kemampuan siswa terhadap materi mata pelajaran tertentu yang menyebabkan siswa tidak termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya terhadap materi yang kurang dipahami LMS diterapkan oleh penyusun di SMK Negeri 4 Sukabumi sebagai media tambahan demi menunjang terlaksananya proses belajar-mengajar yang lebih berkualitas dan maksimal. Dengan LMS kegiatan pengelolaan, dan pendistribusian berbagai materi, tugas, soal ulangan dan informasi lainnya yang berkaitan dengan proses pembelajaran dapat dilakukan secara terkomputerisasi sehingga proses belajar-mengajar dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun melalui komputer yang terkoneksi jaringan internet. Sedangkan untuk menganalisis tingkat kemampuan siswa dapat dilakukan melalui ulangan yang soalnya dikelompokkan berdasarkan sumber materi sehingga dapat diambil skor hasil ulangan siswa pada tiap-tiap materi.Berdasarkan hasil dari pengujian alpha maupun beta yang telah dilakukan pada tahap implementasi dan pengujian dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi LMS ini dapat membantu guru dalam mendistribusikan materi pelajaran sehingga siswa mudah dalam mendapatkan materi pelajaran sesuai dengan mata pelajaran dan guru yang bersangkutan,disamping itu aplikasi ini juga menyediakan sarana komunikasi melalui fitur forum sekolah dan pesan yang dapat digunakan oleh guru maupun siswa untuk berdiskusi seputar pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: e-learning, sekolah online, Learning Management System, LMS. SMK N 4 Sukabumi, analisis kemampuan siswa, forum SMK N 4 Sukabumi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25049

Actions (login required)

View Item View Item