Pembelajaran Berbatuan Komputer untuk Anak Tunagrahita SMPLB di SLB-C Plus Asih Manunggal

Wirahma Putriana, Cipta (2013) Pembelajaran Berbatuan Komputer untuk Anak Tunagrahita SMPLB di SLB-C Plus Asih Manunggal.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SLB-C Plus Asih Manunggal adalah yayasan sekolah untuk anak tunagrahita atau anak keterbelakangan mental yang memiliki IQ rata-rata 50-70, sehingga dalam Kegiatan Belajar Mengajar, anak tersebut membutuhkan pembelajaran khusus yaitu menggunakan media/alat peraga dalam belajar dan dilakukan secara berulang-ulang supaya anak mengerti. Kendala yang dialami pembelajaran bagi anak tunagrahita SMPLB khususnya perlunya tingkat pemahaman yang khusus diantaranya pembelajaran IPA dan Matematika yang merupakan pelajaran yang tingkatannya memerlukan pemahaman yang lebih dimengerti oleh anak dengan menggunakan pembelajaran secara berulang-ulang baik itu menggunakan media peraga maupun alat pendukung lainnya, agar anak dapat memahaminya dan tidak bosan.Pembelajaran berbantuan Komputer merupakan salah satu media teknologi pembelajaran dengan tujuan bagi Anak Tunagrahita SMPLB khususnya untuk melatih kognitif anak dengan menjelaskan konsep yang sederhana dengan penggabungan visual audio dan psikomotor yang membentuk pembelajaran berupa games untuk melatih siswa dalam bertindak, serta menggunakan model drill and practice, dimana program latihan dan praktik disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa . Pembangunan aplikasi ini harus melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih yaitu metode waterfall, didalam aplikasi tersebut terdapat pembelajaran IPA dan Matematika, Algoritma Greedy pada salah satu latihan pembelajaran Matematika dan melakukan pengujian sistem yaitu dilakukannya pengujian white box dan black box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak.Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini sudah memenuhi kriteria media pembelajaran yang baik yaitu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran di kelas seperti biasanya dalam bentuk teknologi pembelajaran, sehingga siswa dapat mengingat kembali pelajaran dengan pelajaran yang terkait yaitu IPA dan Matematika, melatih berpikir dan bertindak terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran berbantuan komputer ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Komputer, Tunagrahita, Drill, Practice
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25051

Actions (login required)

View Item View Item