Identifikasi pola warna citra google maps menggunakan jaringan syaraf tiruan metode levenberg-marquardt dengna matlba versi 7.8

Bangkit Pratama, Tulus (2013) Identifikasi pola warna citra google maps menggunakan jaringan syaraf tiruan metode levenberg-marquardt dengna matlba versi 7.8. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Riset-riset mengenai Jaringan Syaraf Tiruan telah banyak diimplementasikan dalam segala bidang ilmu, kuhususnya dalam bidang ilmu pengetahuan alam atau Sains. Jaringan Syaraf Tiruan (JST) merupakan mesin yang didesain untuk memodelkan cara yang digunakan otak untuk mengerjakan suatu fungsi tertentu. Melihat perkembangan mengenai Jaringan Syaraf Tiruan muncul ide untuk mengaplikasikan Jaringan Syaraf Tiruan ke dalam bidang ilmu Geografi mengenai identifikasi pola warna citra peta untuk membedakan kenampakan geografis pada peta, pengaplikasiannya diterapkan pada peta Google Maps, sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online yang disediakan oleh Google yang dapat diakses di http://maps.google.com. Dalam identifikasi pola warna citra dilakukan proses pengolahan citra,yaitu kegiatan memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin (komputer). Teknik pengolahan citra yang digunakan adalah teknik Segmentasi. Metode training yang digunakan pada penelitian ini menggunakan algoritma Levenberg-Marquardt.Dari hasil penelitian pada proses training diperoleh nilai epoch sebanyak 17 iterations dari batas maximum 100 iterations. Sedangkan waktu yang digunakan selama proses training sebanyak 6 detik, nilai performance = 2,06.〖10〗^7, nilai gradient = 8,49. 〖10〗^5, Mu = 1,00. 〖10〗^4, validation check = 6 dan nilai regresi (R) untuk proses training sebesar 0.95889 dan nilai regresi (R) dari seluruh proses secara berturut-turut adalah 0.91483, nilai regresi tersebut menunjukan adanya hubungan kelinieran antara output jaringan dengan target. Identifikasi pola warna citra pada peta Google Maps menggunakan aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan Levenberg Marqurdt telah berhasil membuat pola citra baru yang diidentifikasikan sebagai daerah daratan dan bukan daratan. Secara keseluruhan, aplikasi yang dibuat berhasil memenuhi fungsi yang diinginkan, yaitu untuk membantu penderita buta warna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jaringan Syaraf Tiruan, Pengolahan Citra, Teknik Segmentasi, Levenberg-Marquardt.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25076

Actions (login required)

View Item View Item