Aplikasi filter finite impulse response (FIR) untuk menghilangkan noise pada suara manusia menggunakan graphical user interface (GUI) pemrograman matlab

Gunawan, Gugun (2013) Aplikasi filter finite impulse response (FIR) untuk menghilangkan noise pada suara manusia menggunakan graphical user interface (GUI) pemrograman matlab.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Suara merupakan salah satu media komunikasi yang paling sering dan paling umum digunakan oleh manusia. Suara yang dikeluarkan harus sampai ke tujuan dengan jelas dan dapat dimengerti, hanya saja lingkungan suara tidak selalu mendukung dalam penyampaian informasi suara, karena adanya noise yang mengganggu datangnya suara. Noise mengakibatkan suara yang diterima mengalami kerusakan bahkan menghilangkan informasi suara yang dibawa. Hal ini tentu saja mengakibatkan kualitas suara yang diterima menjadi kurang bagus, sehingga diperlukan pengolahan sinyal suara untuk menghilangkan noise tersebut. Salah satu permasalahan pengenalan suara yang sangat rentan dengan noise adalah pengenalan suara rekaman kalimat pembicaraan seseorang, karena noise dapat mengganggu dalam proses pengenalan suara yang dikeluarkan, sehingga suara yang diterima menjadi kurang bagus. Salah satu alternatif penyelesaian masalah sinyal suara yang terganggu oleh noise dapat diselesaikan oleh sebuah filter digital, yaitu Finite Impulse Response (FIR). Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan simulasi perancangan dengan menggunakan pemrograman Matlab (Matrix Laboratory). Hasil yang diinginkan adalah keluaran sinyal suara yang bersih dari noise. Besarnya noise yang telah dihilangkan bisa dilihat melalui nilai Signal to Noise Ratio (SNR) dan pendekatan visual berupa gambar keluaran sinyal suara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Suara, Finite Impulse Response (FIR), Matlab (Matrix Laboratory), Signal to Noise Ratio (SNR).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25080

Actions (login required)

View Item View Item