Perancangan dan implementasi robot pembantu orang cacat (studi kasus kontes robot robowaiter Trinity College Tahun 2011)

Bayu Nurzaman L, Moch (2013) Perancangan dan implementasi robot pembantu orang cacat (studi kasus kontes robot robowaiter Trinity College Tahun 2011).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan teknologi di berbagai bidang mendorong kreativitas individu untuk menciptakan berbagai solusi kreatif terhadap permasalahan yang timbul pada pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan manusia. Misalnya permasalahan yang dihadapi oleh orang penyandang cacat dengan keterbatsan fisik yang menghambat mereka dalam melakukan aktivitas seperti mengambil makanan dari suatu tempat dan memindahkannya ke tempat lain. Robot merupakan teknologi yang dapat meringankan pekerjaan atau aktivitas manusia, sekalipun dapat menggantikan peran manusia terhadap pekerjaan atau aktivitas yang beresiko kepada kematian. Berdasarkan permasalahan diatas, didapatkan sebuah ide beserta solusi yang dapat membantu meringankan permasalahan oleh orang penyandang cacat tersebut, yaitu dengan merancang sebuah purwarupa robot yang mampu mengambil dan memindahkan makanan dari satu meja ke meja lain. Pada tahun 2011, telah dirancang sebuah purwarupa robot pembantu orang cacat yang dapat mengambil dan memindahkan makanan dari suatu meja ke meja lain. Untuk menguji kehandalan purwarupa robot yang telah dibangun, maka robot diikutsertakan dalam pertandingan RoboWaiter di Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest pada kategori entry level.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Orang penyandang cacat, Purwarupa, Trinity College
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25088

Actions (login required)

View Item View Item