Representasi Singularitas Teknologi Dalam Film Transcendence (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Singularitas Teknologi Dalam Film Transcendence)

Sidik, Ahmad (2015) Representasi Singularitas Teknologi Dalam Film Transcendence (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Singularitas Teknologi Dalam Film Transcendence).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi singularitas teknologi dalam film Transcendence. Untuk menjabarkannya, maka fokus masalah tersebut penelitian ini di bagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu tanda denotatif, tanda konotatif, dan tanda mitos/ideologi dalam film Transcendence.Pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, studi pustaka, penelusuran data online, dan observasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, koleksi data, penyediaan data, dan kesimpulan. Uji Keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan pengecekan sejawat. Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film Transcendence dengan mengambil lima sequence.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga tanda sesuai dengan semiotik Roland Barthes. Tanda denotatif seorang ilmuwan yang menciptakan sebuah kecerdasan buatan yang merupakan singularitas teknologi. Tanda konotatif teknologi kecerdasan buatan yang mampu mengubah dan membangun masa depan. Sedangkan tanda mitos/ideologi merupakan revolusi teknologi dengan berkembangnya seiring jaman, dimana manusia tidak menolak dengan perkembangan tersebut.Kesimpulan yang dihasilkan seorang ilmuwan yang terobsesi menciptakan teknologi kecerdasan buatan yang merupakan singularitas teknologi ke dalam sistem AI (artificial intelligence), teknologi sudah hadir di dalam sebuah peradaban umat manusia cukup lama yang menyebabkan hingga saat ini umat manusia sering ber ketergantungan dengan teknologi yang terus berkembang seiring jaman. Tanda yang terkandung mencakup kedalam mitos/ideologi yang di simpulkan Peneliti memberikan saran bagi para sineas dapat lebih mengangkat apa yang masyarakat belum ketahui dengan representasi kedalam sebuah film, seperti komputer dengan memiliki processor yang sangat canggih. Film Transcendence memperlihatkan perkembangan teknologi khususnya untuk masyarakat Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Singularitas teknologi, kecerdasan buatan, revolusi teknologi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25151

Actions (login required)

View Item View Item