Konstruksi Sosial Media Radio Komunitas Rakita 107,8 FM (studi konstruksi sosial media tentang Isu selamatkan bumi pada radio komunitas rakita 107,8 FM dalam acara green generation time di kota Bandung)

Setiawan, Oman (2015) Konstruksi Sosial Media Radio Komunitas Rakita 107,8 FM (studi konstruksi sosial media tentang Isu selamatkan bumi pada radio komunitas rakita 107,8 FM dalam acara green generation time di kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Konstruksi Sosial Media Radio Komunitas Rakita 107.8 Fm yang mengangkat isu tentang selamatkan bumi dalam program acara Green Generation Time di kota Bandung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahap pembentukan materi, sebaran konstruksi, dan pembentukan konstruksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi konstruksi sosial media massa dengan informan yang dipilih secara teknik sampling yang berjumlah 4 orang dan 2 orang informan pendukung. Data diperoleh melaui wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan internet searching. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan evaluasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tahap pembentukan materi terjadi dengan adanya kedekatan antara masyarakat dan radio baik dari segi latar belakang maupun dari materi yang disajikan oleh radio, tahap sebaran konstruksi adanya simbol-simbol yang sengaja dibuat dengan bahasa ajakan dan materi yang selalu dikaitkan dengan pola hidup masyarakat, dan tahap pembentukan konstruksi dapat dipahami dengan materi yang simple dan penjelasan mulai dari pencegahan, penanggulangan, sebab, dan lain-lain. Konstruksi dapat dikonfirmasi terjadi dalam waktu dan kedekatan yang lama dan itu yang membuat radio komunitas Rakita 107.8 Fm dapat membuat masyarakat Sadang Serang kota Bandung ikut serta berpartisipasi dalam realitas terkonstruksi dengan banyaknya perubahan yang ada dilingkungan yang semakin baik dari tahun ke tahun. Saran yang dapat diberikan peneliti sebagai seorang mahasiswa ilmu komunikasi adalah sebuah konstruksi sosial yang dibangun oleh sebuah media komunitas untuk kepentingan bersama maka sebaiknya kita ikut serta berkontribusi dalam rekonstruksi dalam kehidupan sosial.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Sosial Media Massa, Rakita 107.8 Fm, Selamatkan Bumi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25154

Actions (login required)

View Item View Item