Pengaruh Display Toko dan Motivasi Belanja Berdasarkan Kesenangan (HEDONIC) terhadap Pembelian Impulsif pada Ouval Research Bandung

Sipahutar, Sendi (2013) Pengaruh Display Toko dan Motivasi Belanja Berdasarkan Kesenangan (HEDONIC) terhadap Pembelian Impulsif pada Ouval Research Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada konsumen Ouval Research Bandung. Fenomena yang terjadi adalah semakin berkembangnya usaha ritel salah satunya berbentuk clothing, banyak strategi yang dilakukan perusahaan untuk menarik konsumen dalam melakukan pembelian impulsif, yaitu dengan membuat penataan atau display. Display, yang berbeda dan nyaman yang akan menimbulkan rasa betah dan memberikan kesan yang lain. Konsumen akan mengalami impulse buying ketika didorong oleh keinginan hedonis atau sebab lain di luar alasan ekonomi, seperti karena rasa senang, fantasi, sosial atau pengaruh emosional. yang dapat memicu pembelian. Namun Ouval Research kurang memperhatikan hal-hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh display toko dan motivasi belanja berdasarkan kesenangan (hedonic) terhadap pembelian impulsif pada konsumen Ouval Research Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di Ouval Research Bandung yang berjumlah 600 orang dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi pearson, analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 20,00 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian impulsif di Ouval Research secara keseluruhan termasuk dalam kriteria cukup baik, namun indikator display toko yaitu, exterior display menunujukkan kriteria kurang baik karena kurangnya memperhatikan penyusunan dan kerapihan barang yang dipasang di depan toko pada saat mngadakan sale atau obral. Sedangkan untuk variabel motivasi belanja berdasarkan kesenangan (hedonic), termasuk dalam kategori cukup tinggi. Namun untuk indikator adventure shopping termasuk dalam kategori tidak terlalu baik, hal ini dikarenakan namun terkadang kurang memperhatikan produk yang dipajang, dan tidak adanya fasilitas pendukung seperti rest area dan aroma toko yang mampu memanjakan konsumen yang datang ke Ouval Research Bandung. Pengaruh display toko dan motivasi belanja berdasarkan kesenangan (hedonic), berdampak positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Ouval Research. Kemudian dampak secara simultan lebih besar daripada secara parsial. Hal ini menandakan bahwa display toko dan motivasi belanja berdasarkan kesenangan (hedonic) mampu membangkitkan keinginan konsumen untuk melakukan pembelian impulsif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: display toko, motivasi belanja berdasarkan kesenangan (hedonic), pembelian impulsif.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25182

Actions (login required)

View Item View Item