Pengaruh Kompetensi Wirausaha dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Bisnis pada Sentra UKM Boneka Paris Van Java di Bandung

Marlina, Nina (2013) Pengaruh Kompetensi Wirausaha dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Bisnis pada Sentra UKM Boneka Paris Van Java di Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pengusaha atau pemilik usaha boneka yang ada di Sentra UKM Boneka Paris Van Java Di Bandung. Fenomena yang terjadi adalah terjadi penurunan pendapatan atau keuntungan para pengusaha boneka di Sentra UKM Boneka Paris Van Java Di Bandung sehingga menimbulkan terjadinya penurunan jumlah pengusaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi wirausaha dan orientai pasar terhadap kinerja bisnis pada Sentra UKM Boneka Paris Van Java Di Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen yang berjumlah 264 pada periode 2008-2012 dengan sampel sebanyak 73 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi person, uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, MSI, pengujian asumsi klasik, dan juga menggunakan penghitungan statistik dengan bantuan program aplikasi SPSS 18.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja bisnis usaha boneka di Sentra UKM Boneka Paris Van Java Di Bandung secara keseluruhan termasuk dalam kriteria yang masih rendah, namun indikator Financial Competence, dan Human relation competence sudah cukup tinggi. Pengaruh kompetensi wirausaha terhadap orientasi pasar berdampak positif dan signifikan yaitu 53,3%, begitu pula pengaruh kompetensi wirausaha terhadap kinerja bisnis berdampak positif dan signifikan yaitu 22,8%, serta pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja bisnis berdampak positif dan signifikan yaitu dengan kontribusi sebesar 35,4%, Kemudian dampak secara secara simultan berdampak positif dan signifikan yaitu 53,3%. Hal ini berarti kompetensi wirausaha dan orientasi pasar mampu mampu meningkatkan kinerja bisnis pengusaha sepatu di Sentra UKM Boneka Paris Van Java Di Bandung cukup tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kompetensi wirausaha, orientasi pasar, kinerja bisnis.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25185

Actions (login required)

View Item View Item