Peranan Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui Majalah Kataji dalam memberikan informasi kepada publik internal dan eksternal

Rumondang, Octaviana (2013) Peranan Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui Majalah Kataji dalam memberikan informasi kepada publik internal dan eksternal. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Melalui Majalah KATAJI dalam memberikan Informasi Kepada Publik Internal dan Eksternal. Dalam hal ini penelitian membahas 3 buah pertanyaan penelitian antara lain mengenai fasilitator komunikasi, teknisi komunikasi dan peranan Humas.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, studi pustaka, ditunjang oleh internet searching serta dokumentasi dengan jumlah informan tiga orang yang terdiri dari 1 orang staf Humas dan 2 orang karyawan yang dianggap dapat mewakili publik internal dan eksternal.Hasil penelitian melalui wawancara dapat diketahui bahwa Humas bertindak sebagai komunikator atau mediator melalui majalah KATAJI dalam memberikan informasi kepada publik internal dan eksternal untuk mempermudah dalam mendapatkan informasi tentang kegiatan dan wisata serta budaya Jawa Barat. Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan provinsi Jawa Barat menyediakan layanan teknis komunikasi. Majalah merupakan media komunikasi antara Humas dengan publik dalam memberikan informasi tentang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.Kesimpulannya bahwa Peranan Humas dalam Majalah KATAJI yaitu sebagai Fasilitator Komunikasi dan Teknisi Komunikasi. Karena dengan Majalah KATAJI Humas menjadi fasilitator atau perantara dalam memberikan informasi kegiatan, wisata dan Budaya Jawa Barat kepada Publik Internal dan Eksternal. Humas pun menjadi teknisi komunikasi dengan melakukan komunikasi kepada Publik meskipun hanya satu arah melalui Majalah. Saran yang dapat diberikan bagi Humas sebaiknya juga menggunakan layanan majalah Elektronik, untuk dapat memberikan informasi ke masyarakat luas baik regional dan internasional tentang wisata dan seni budaya Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: komunikasi dan humas
Subjects: D3 Tugas Akhir > Public Relations > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25271

Actions (login required)

View Item View Item