Padanan untuk konsep yang dikenal dalam bahasa sumber dan bahasa sasaran (kajian sintaksis dan semantik)

Nurmalasari, Ema (2013) Padanan untuk konsep yang dikenal dalam bahasa sumber dan bahasa sasaran (kajian sintaksis dan semantik).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini berjudul ��Padanan untuk Konsep yang Dikenal dalam Bahasa Sumber dan Bahasa Sasaran.�� Dalam struktur semantis, setiap bahasa mempunyai unit dan fitur yang hampir sama, meskipun direpresentasikan dalam struktur sintaksis yang berbeda. Dalam hal ini, setiap bahasa berbagi unit dan fitur semantis; dikenal dengan sharing meaning.Konsep yang dikenal tersebut merupakan objek dalam penelitian ini, dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif untuk mendeskripsikan perbedaan unit struktur sintaksis pada satuan bahasa: kata, frasa, dan klausa sebagai fokus penelitian. Adapun data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik pencatatan.Hasil penelitian menunjukan: 1) struktur sintaksis bahasa sumber berupa nomina, verba, frasa verba, frasa nomina, frasa preposisi, frasa adjektiva, klausa nomina, dan klausa verba, 2) komponen makna yang membangun konsep dibangun berdasarkan situasi,kebudayaan, dan pengalaman penutur bahasa sumber, 3) konsep yang terdapat dalam bahasa sumber tersebut dikenal oleh penutur bahasa sasaran, dan 4) komponen-komponen makna yang dibuat implisit dan eksplisit dalam bahasa sasaran bergantung pada informasi yang dibagi, diekspresikan dengan cara berbeda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: struktur sintaksis, struktur semantis, sharing meaning
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Inggris > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Inggris (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25275

Actions (login required)

View Item View Item