Peranan humas dan protokoler RSUP Dr.hasan Sadikin Bandung dlaam memberikan informasi keada publik ekternal melalui customer service

Hernawan, Setia (2013) Peranan humas dan protokoler RSUP Dr.hasan Sadikin Bandung dlaam memberikan informasi keada publik ekternal melalui customer service. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Peranan Humas dan Protokoler RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dalam memberikan informasi melalui Customer Service. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan Metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara, studi pustaka, internet searching dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan, antara lain data collection, data reduction, data display, dan data conclusion drawing. Subjek dalam penelitian ini adalah Humas dan Protokoler RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung. Dan yang menjadi informan adalah kepala Humas dan Protokoler, serta staf Customer Service. Sedangkan yang menjadi key informan adalah kerabat pasien rawat inap dan pasien rawat jalan. Adapun pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas dan Protokoler RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung melalui Customer Service sebagai fasilitator komunikasi yaitu dengan memberikan informasi dengan baik, objektif, dan sesuai dengan kebutuhan serta menggunakan seragam resmi di setiap hari kerjanya. Sedangkan sebagai teknisi komunikasi, Customer Service berperan dalam proses pemberian dan perolehan informasi kepada publik eksternal.Kesimpulan Peneliti bahwa Humas dan Protokoler RSUP Dr. Hasan Sadikin telah berperan dalam memberikan informasi kepada publik eksternal melalui Customers Service, sebagai upaya pelayanan rumah sakit terutama pelayanan informasi untuk meningkatkan hubungan baik dengan publik eksternal.Saran untuk RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung, Peneliti berharap agar RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung menambah jumlah unit Customer Service, agar tidak hanya terletak di lobi utama saja, tetapi disetiap pintu masuk rumah sakit juga jam kerja Customer Service diharapkan dilaksanakan selama 24 jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peranan, Humas dan Protokoler, Customer Service
Subjects: D3 Tugas Akhir > Public Relations > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25277

Actions (login required)

View Item View Item