Peranan humas dan protokol dalam mensosialisasikan kinerja DPRD Provinsi Jawa Barat kepada masyarakat melalui acara talk show di Televisi lokal

Liviana, Nona (2013) Peranan humas dan protokol dalam mensosialisasikan kinerja DPRD Provinsi Jawa Barat kepada masyarakat melalui acara talk show di Televisi lokal. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Peranan Humas dan Protokol dalam mensosialisasikan kinerja DPRD Provinsi Jawa Barat kepada masyarakat melalui acara talkshow di televisi lokal. Dalam hal ini meneliti Humas dan Protokol sebagai communicator, relationship, back up manajemen, good image maker.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, studi pustaka, internet searching dan dokumentasi dengan jumlah informan satu orang yaitu kepala sub bagian publikasi dan dua orang key informan yaitu masyarakat.Hasil penelitian menunjukan bahwa, Humas dan Protokol berperan sebagai komunikator yang kredibel karena memiliki pengetahuan, pengalaman, kekuasaan dan status sosial. Humas dan Protokol selalu membangun hubungan yang positif dengan masyarakat, wartawan, pihak televisi dan DPRD sehingga tercipta saling pengertian, kepercayaan, toleransi, dukungan dan kerja sama. Humas dan Protokol sebagai Back Up Manajemen melakukan dukungan manajemen, proses kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, mengevaluasi apa yang disampaikan masyarakat melalui telepon interaktif dan sebelum talkshow ada identifikasi kebijakan. Humas dan Protokol sebagai good image maker menjalin hubungan baik dengan publik internal dan eksternal sehingga reputasinya baik, setelah meninjau kegiatan talk show penerimaan dan tanggapan masyarakat baik, sedangkan publik sasarannya masyarakat perkotaan dan pedesaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Humas memiliki peranan sebagai communicator, relationship, back up manajemen, good image maker dalam mensosialisasikan kinerja DPRD Provinsi Jawa Barat kepada masyarakat melalui acara talkshow di televisi lokal.Saran yang peneliti sampaikan adalah pelaksaannya sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, mengevaluasi melalui ratting dan mengundang masyarakat untuk menjadi audiens jika dilakukan diluar studio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mensosialisasikan, Komunikator
Subjects: D3 Tugas Akhir > Public Relations > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25278

Actions (login required)

View Item View Item