Stategi Komunikasi Guru Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Melalui Kegiataan Menanam Di Polybag Terhadap Pembentukan Sikap Siswa Untuk Cinta Lingkungan Di SMP Gema Pancasila Bandung

Gunawan, Indra (2016) Stategi Komunikasi Guru Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Melalui Kegiataan Menanam Di Polybag Terhadap Pembentukan Sikap Siswa Untuk Cinta Lingkungan Di SMP Gema Pancasila Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Strategi Komunikasi Guru Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Melalui Kegiatan Menanam Di Polybag Terhadap Pembentukan Sikap Siswa Untuk Cinta Lingkungan di SMP Gema Pancasila Bandung. Peneliti mencoba menganalisis dari alat ukur yang dicapai yaitu : Rencana, Tujuan, Kegiatan, Media, dan Pesan, serta Perhatian, Pengertian, dan Pemahaman Siswa/i di SMP Gema Pancasila Bandung. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survey dengan teknik analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui angket dan didukung studi pustaka dan lapangan. Responden yang diberikan kuesioner berjumlah 38 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Total Sampling. Teknik analisis dilakukan dengan perhitungan statistik menggunakan komputer melalui program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa, adanya (1) pengaruh rencana terhadap sikap siswa adalah 0,383 lemah, (2) pengaruh tujuan terhadap sikap siswa adalah 0,292 lemah, (3) pengaruh kegiatan terhadap sikap siswa adalah 0,453 cukup kuat, (4) pengaruh media terhadap sikap siswa adalah 0,349 lemah, (5) pengaruh pesan terhadap sikap siswa adalah 0,500 cukup kuat, serta adanya (6) pengaruh strategi komunikasi terhadap perhatian siswa adalah 0,279 lemah, (7) pengaruh strategi komunikasi terhadap pengertian siswa adalah 0,579 cukup kuat, (8) pengaruh strategi komunikasi terhadap pemahaman siswa adalah 0,355 lemah, (9) pengaruh strategi komunikasi terhadap sikap siswa adalah 0,478 cukup kuat. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa : ada pengaruh antara Strategi Komunikasi Guru Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Melalui Kegiatan Menanam Di Polybag Terhadap Pembentukan Sikap Siswa Untuk Cinta Lingkungan Di SMP Gema Pancasila Bandung memiliki korelasi cukup kuat dengan persentase pengaruh sebesar 22,85% dan sisanya 77,15% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran dari peneliti untuk sekolah, hendaknya strategi komunikasi dengan mengadakan kegiatan praktek seperti ini rutin dilakukan dan disertai dengan hal-hal yang membuat siswa-siswi bersemangat seperti mengadakan permainan dan kuis yang bersifat mendidik sekaligus menghibur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, Sikap, Rencana, Tujuan , Kegiatan, Media, Pesan, Perhatian, Pengertian, Pemahaman.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25286

Actions (login required)

View Item View Item