Representasi Kapitalisme Dalam Film "THe Wolf Of Wall Street" (Analisis Semiotika John Fiske Tentang Representasi Kapitalisme Dalam Film" The Wolf Of Wall Street" Karya Martin Scorsese)

Balyatun, (2016) Representasi Kapitalisme Dalam Film "THe Wolf Of Wall Street" (Analisis Semiotika John Fiske Tentang Representasi Kapitalisme Dalam Film" The Wolf Of Wall Street" Karya Martin Scorsese).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Representasi Kapitalisme Dalam Film The Wolf Of Wall Street. Untuk menganalisis masalah di atas peneliti menggunakan Analisis Semiotika John Fiske yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis semiotika John Fiske. Objek yang dianalisis adalah film The Wolf Of Wall Street dengan 7 sequence yang dianalisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, wawancara, dokumentasi, dan penelusuran data online. Uji keabsahan data menggunakan bahan referensi, peningkatan ketekunan, dan diskusi dengan teman sejawat. Adapun teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan dari level realitas, representasi dan ideologi dalam film The Wolf Of Wall Street menunjukan kode-kode yang penting dalam merepresentasikan kapitalisme yaitu kaum buruh yang dieksploitasi oleh kaum borjuis. hubungan sosial di dalam masyarakat kapitalis yaitu berasaskan tahap kepemilikan harta benda. Representasi dalam film ini sudah menggambarkan kapitalisme Simpulan ini menujukan representasi kapitalisme dengan memadukan kode-kode The Code of Television John Fiske. Pemilihan kode-kode dilakukan dengan sedemikian rupa menganalisis sequence dengan teliti sehingga dapat merepresentasikan kapitalisme. Film The Wolf Of Wall Street berusaha menyampaikan potret kapitalisme yang berkembang di Amerika Serikat dan dampaknya terhadap dunia. Peneliti memberikan saran bagi akademis bahwa analisis semiotika merupakan analisis yang tepat untuk mendalami makna sebuah film, dan saran bagi audiens sebaiknya lebih bijak dalam memilih film yang berkualitas untuk ditonton.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kapitalisme, Film The Wolf Of Wall Street, Kode-kode Televisi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25290

Actions (login required)

View Item View Item