Perilaku Komunikasi Waria Di Yayasan Srikandi Pasundan (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Komunikasi Waria di Yayasan Srikandi Pasundan di Kota Bandung)

Nazarudin Kurniawan, Muhamad (2016) Perilaku Komunikasi Waria Di Yayasan Srikandi Pasundan (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Komunikasi Waria di Yayasan Srikandi Pasundan di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Perilaku Komunikasi Waria Di Yayasan Srikandi Pasundan Di Kota Bandung. Penelitian ini membahas tentang Perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal, komunikasi non verbal dan perilaku komunikasi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif. Jumlah informan penelitian terhitung sebanyak 4 orang dimana pemilihan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik analisis data dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah pesan komunikasi verbal dalam komunikasi waria dengan sesama waria. Perbedaan yang terjadi meliputi bahasa yang waria gunakan ketika berkomunikasi. Penggunaan bahasa yang digunakan waria ketika berkomunikasi dengan sesama waria menggunakan bahasa waria sebagai bahasa utamanya. Bahasa digunakan oleh waria agar waria dapat mengerti dan merasa akrab apa yang dibicarakan. Bahasa digunakan oleh waria agar waria dapat mengerti dan merasa akrab apa yang dibicarakan. Berbeda ketika waria sedang berkomunikasi dengan orang selain waria, waria menggunakan bahasa Sunda dan bahasa Indonesia. Komunikasi non verbal terdiri dari bahasa tubuh/isyarat, sentuhan, kontak mata, ekpresi wajah, gerakan tubuh, cara berpakaian. Bahasa tubuh atau isyarat digunakan oleh waria agar waria lainnya dapat mengerti apa yang dibicarakan yang bersifat rahasia. Saran dalam penelitian ini, Waria diharapkan dapat lebih pandai membaca situasi dan kondisi antara sesama waria. Ketika waria sedang berkomunikasi dengan sesama waria yang edang merahasiakan sesuatu, waria dapat membaca kondisi tersebut, sehingga tujuan komunikasi yang dijalankannya akan tercapai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Waria, Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25293

Actions (login required)

View Item View Item