Sistem Informasi Penjualan Dan Jasa Service Di BIT Komunikasi Berbasis Dekstop

Sophan Sophian, Agus (2016) Sistem Informasi Penjualan Dan Jasa Service Di BIT Komunikasi Berbasis Dekstop. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengolahan data penjualan dan pembelian barang merupakan suatu kegiatan utama yang dilakukan di BIT Komunikasi. perusahaan ini bergerak dibidang penjualan, pembelian elektronik komunkasi dan jasa servis. Permasalahan yang terjadi diantaranya lambatnya pengolahan data barang yang belum terkendali karena sering terjadinya kesalahan pencatatan data barang dan penjualan, data pembelian dan jasa service serta kesalahan dalam perhitungan transaksi dan lambatnya dalam pembuatan laporan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancangan sistem informasi penjualan dan pembelian di BIT Komunikasi, untuk menghasilkan sistem informasi penjualan dan jasa service, dan untuk diimplementasikan serta diuji di perusahaan tersebut Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada BIT Komunikasi. Sedangkan sumber penelitian dengan metode pengumpulan data primer yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan pengumpulan data sekunder yaitu studi dokumentasi. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini menggunakan teknik prototype. Adapun alat pemodelan perancangan sistem dengan menggunakan metode pendekatan terstruktur dengan menggunakan alat bantu diantaranya alir dukomen (flowmap), diagram konteks, DFD (Data Flow Diagram), kamus data, normalisasi, relasi tabel, dan ERD (Entitas Relationship diagram). Software yang digunakan adalah PHP dengan menggunakan database MySQL server. Sistem informasi ini dibangun dengan harapan dapat mempermudah dalam proses pengolahan data barang dan dapat menangani permasalahan yang ada pada BIT Komunikasi dalam hal penjualan, pembelian, persediaan barang hingga pengelolaan jasa service barang. Implementasi sistem yang dirancang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dan memudahkan user dalam mengoperasikan sistem tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BIT Komunikasi, Metode prototype, sistem informasi penjualan, pembelian dan jasa service
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item