Kualitas pelayanan publik kantor imigrasi kelas I Kota Bandung : (suatu studi pengunaan layanan paspor online)

Wiguna Priadi, Anjas (2013) Kualitas pelayanan publik kantor imigrasi kelas I Kota Bandung : (suatu studi pengunaan layanan paspor online). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Layanan paspor online pada website www.bandung.imigrasi.go.id merupakan wujud dari pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bandung. Proses Pelayanan dalam penggunaan layanan paspor online dan memberikan informasi tentang layanan paspor online kepada masyarakat yang diperlukan dan dibutuhkan oleh masyarakat karena dapat membantu dalam proses layanan kepada masyarakat di Indonesia.Permasalahan yang timbul yaitu masih banyaknya praktik pencaloan dalam pembuatan paspor dan kurangnya sosialisasi tentang prosedur pembuatan paspor. Hal tersebut terjadi dikarenakan tidak sabarnya masyarakat untuk mengantri dalam pembuatan paspor sehingga hal tersebut dimanfaatkan oleh para calo.Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Delivering Quality Service dari Valerie Zeithaml, Leonard R Berry, dan Parasuraman. Teori yang digunakan ini terdiri dari lima dimensi yang mempengaruhi kualitas pelayanan yaitu: Bukti fisik (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Ketanggapan (Responsiveness), Jaminan Kepastian (Assurance), dan Empati (Emphaty).Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan peneliti kepada aparatur adalah purposive, sedangkan kepada masyarakat peneliti menggunakan accidental.Hasil penelitian menyatakan bahwa bukti fisik berupa fasilitas fisik, peralatan, personil, dan materi komunikasi telah berjalan cukup baik. Kehandalan berupa pelayanan yang terpercaya dan pelayanan akurat telah berjalan dengan baik. Ketanggapan berupa kesediaan membantu serta memberikan pelayanan tepat telah berjalan dengan cukup baik. Jaminan kepastian yang berupa pengetahuan,perilaku atau kesopanan dan kemampuan menyampaikan kepercayaan kepada masyarakat telah berjalan dengan cukup baik, dan empati yang berupa kemudahan dalam melakukan hubungan, komunikasi yang baik, serta pemenuhan kebutuhan para masyarakat telah berjalan dengan baik dalam pelayanan paspor online dan memberikan informasi tentang layanan paspor online. Dengan demikian Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bandung dalam penggunaan layanan paspor online dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan publik dan layanan paspor online
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25303

Actions (login required)

View Item View Item