Pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala desa terhadap kinerja aparatur perangkat desa dalam pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri Desa Weragati Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka

Selawan, Erwin (2013) Pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala desa terhadap kinerja aparatur perangkat desa dalam pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri Desa Weragati Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sikap/karakter kepala desa yang bersifat laissez faire terhadap program PNPM Mandiri, terbukti dengan produktivitas kinerja aparatur yang rendah, aparatur kurang disiplin dalam melaksanakan tugas dalam program PNPM Mandiri. kesemua masalah ini berdampak pada program PNPM Mandiri yang tidak sesuai dengan harapan, berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti mengambil judul Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Desa Terhadap Kinerja Aparatur Perangkat Desa Dalam Pelaksanaan Porogram Nasional Pembardayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Desa Weragati Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka.Penelitian ini, untuk variabel x gaya kepemimpinan situasional menggunakan teori dari Sondang P. Siagian mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor yang harus diperhitungkan dalam memimpin yaitu kondisi, waktu, dan ruang. Sedangkan untuk variabel y kinerja aparatur menggunakan teori dari Agus Dwiyanto yang mengunkapkan kinerja aparatur diprngaruhi oleh beberapa indikator yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Metode penelitian yang peneliti digunakan yakni metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, untuk memperoleh data-data yang diperlukan, peneliti menggunakan teknik penyebaran angket, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan teknik penarikan sampel yang digunakan peneliti adalah teknik Simple Random Sampling yang ditujukan kepada semua kepala keluarga Desa Weragati yang terlibat dalam PNPM Mandiri, termasuk semua para aparaturnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh gaya kepemimpinan situasional Kepala Desa, dalam melaksanakan tugas sebagai Kepala DesaWeragati dilihat dari hasil data yang telah diolah, bahwa pengaruh gaya kepemimpinan situasional Kepala Desa terhadap kinerja aparaturnya terlihat sangat lemah bahkan dianggap tidak ada karena berdasarkan data dan fakta Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Weragati masih dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya, kepemimpinan, situasional, kinerja, dan aparatur
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25306

Actions (login required)

View Item View Item