Pengaruh Kredit Bermasalah dan Kualitas Aktiva Produktif terhadap Profitabilitas Bank pada Sektor Perbankan Go Publik yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2012

Sylvia Dewi, Citra (2013) Pengaruh Kredit Bermasalah dan Kualitas Aktiva Produktif terhadap Profitabilitas Bank pada Sektor Perbankan Go Publik yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2012.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kredit bermasalah dapat diartikan sebagai pinjaman yang mengalami kesulitan pelunasan akibat adanya faktor kesengajaan atau karna faktor eksternal di luar kemampuan kendali debitur. Kualitas aktiva produktif adalah semua aktiva dalam rupiah maupun valuta asing yang dimiliki bank dengan maksud untuk memperoleh penghasilan sesuai dengan fungsinya. Profitabilitas merupakan cermin efektifitas dan efisiensi pelaksanaan operasional bank yang merupakan kemampuan dalam memperoleh profit atau laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kredit bermasalah dan kualitas aktiva produktif terhadap profitabilitas bank.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif. Sampel berjumlah 23 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dari 33 populasi. Unit analisis penelitian ini adalah perbankan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kredit bermasalah dan kualitas aktiva produktif berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank dengan tingkat pengaruh sangat rendah karena lebih dipengaruhi faktor lain seperti BOPO, CAR, LDR, NIM, dll. Tingkat pengaruh paling besar dari keduanya adalah kualitas aktiva produktif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kredit Bermasalah, Kualitas Aktiva Produktif, Profitabilitas Bank
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25331

Actions (login required)

View Item View Item