Pembangunan aplikasi e-learning di SMK BPI Bandung

Warid N S, Ahmad (2013) Pembangunan aplikasi e-learning di SMK BPI Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

E-learning adalah media pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi komputer, internet dan localhost, independen terhadap waktu dan ruang yang artinya pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Adapun permasalahan yang terjadi di SMK BPI Bandung diantaranya adalah kurangnya waktu guru dikelas untuk menyampaikan materi pelajaran sehingga materi pelajaran tidak tersampaikan sepenuhnya, siswa sering kesulitan mendapatkan materi pelajaran, guru kesulitan dalam melihat dan memantau nilai dan siswa kesulitan untuk berkomunikasi dengan guru pada saat di. Pada pemberian tugas, guru terkadang kesulitan dalam memberikan tugas apabila guru tidak dapat hadir ataupun sebaliknya siswa kesulitan mengumpulkan tugas jika siswa tersebut tidak bisa masuk.Pada pelaksanaan ujian, jika ujian sudah di tentukan dan sudah dijadwalkan, guru dituntut untuk hadir agar tidak menghambat penyampaian materi berikutnya begitupun siswa apabila tidak hadir saat ujian maka siswa tidak akan mendapatkan nilai. Dalam skripsi ini, akan dibuat aplikasi e-learning berbasis web sebagai sarana media pembelajaran di SMK BPI Bandung.Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi analisis deskriptif. Metodologi analisis deskriptif merupakan metode yang menggambarkan fakta-fakta dan informasi dalam situasi atau kejadian sekarang secara sistematis, faktual dan akurat. Metodologi penelitian ini memiliki tahap pengumpulan data yang digunakan antara lain studi pustaka, observasi, dan wawancara. Dan tahap pengembangan perangkat lunak yang mengadopsi dari model waterfall.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu dengan pengujian blackbox dan pengujian beta terhadap aplikasi e-learning di SMK BPI Bandung, kesimpulan yang dapat diambil yaitu aplikasi ini sebagai sarana pendukung pembelajaran dan sebagai sarana untuk mendistribusikan materi, memudahkan siswa dalam mendapatkan materi pelajaran, menfasilitasi guru untuk memudahkan dalam memantau atau memonitoring nilai setiap siswa, membuka komunikasi antara guru dan siswa di luar jam pelajaran melalui forum untuk membahas materi pelajaran, menyediakan sarana untuk mempermudah para guru dalam memberikan tugas dan memudahkan siswa dalam pengumpulan tugas memudahkan para guru dalam pelaksanaan ujian secara online kepada siswanya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: e-learning, monitoring, waterfall.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25332

Actions (login required)

View Item View Item