Identifikasi Perambatan Gelombang pada Batuan Berpori dengan Bantuan Jaringan Syaraf Tiruan pada MatLab dan Sistem Operasi Linux

Adler, John (2014) Identifikasi Perambatan Gelombang pada Batuan Berpori dengan Bantuan Jaringan Syaraf Tiruan pada MatLab dan Sistem Operasi Linux.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Parameter gelombang seismik memainkan peran yang sangat penting untuk mengkarakterisasi sifat reservoar sedangkan parameter pori adalah salah satu parameter yang paling penting dari reservoar. Oleh karena itu, fenomena perambatan gelombang dalam media berpori penting untuk dipelajari. Berdasarkan pada riset ini , metode tidak langsung pengukuran pori berdasarkan perambatan gelombang seismik dapat dikembangkan. Porositas memainkan peran penting dalam reservoar, karena porositas berfungsi sebagai wadah fluida. Ada banyak jenis porositas seperti porositas primer maupun sekunder. Batuan karbonat terdiri dari berbagai jenis porositas, diantaranya : porositas inter-granular, moldic dan juga retakan. Kompleksitasnya jenis pori dalam batuan karbonat membuat perambatan gelombang pada batuan ini lebih kompleks daripada reservoar pasir. Kami telah mempelajari perambatan gelombang secara numerik dalam batuan karbonat oleh perbedaan pemodelan beda-hingga dalam domain ruang-waktu. Medium perambatan gelombang dimodelkan oleh hasil pengenalan pola menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Citra pada Thin Slice (sayatan tipis) batuan karbonat kemudian diterjemahkan ke dalam matriks kecepatan. Masing-masing mineral termasuk pori citra Thin Slice diterjemahkan ke dalam kecepatan karena mineral memiliki kecepatan yang unik. Setelah model kecepatan matriks dikembangkan, gelombang seismik dirambatkan secara numerik dalam model ini. Fenomena difraksi jelas ditunjukkan saat gelombang merambat di dalam medium karbonat kompleks ini. Gelombang seismik dimodelkan dalam berbagai frekuensi . Hasilnya menunjukkan fenomena dispersif dimana frekuensi gelombang tinggi cenderung merambat dalam matriks sebaliknya tidak dapat merambat dalam pori-pori. Di sisi lain, gelombang frekuensi rendah cenderung untuk merambat melalui ruang pori meskipun kecepatan pori sangat rendah. Oleh karena itu, fenomena dispersif dari perambatan gelombang seismik dapat menjadi teknologi pengukuran tidak langsung masa depan untuk memprediksi keberadaan atau intensitas ruang pori dalam batuan reservoar. Ini akan sangat berguna untuk karakterisasi reservoar masa depan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: batuan karbonat, fenomena dispersif, fisika batuan
Subjects: Member > john.adler007@gmail.com
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25346

Actions (login required)

View Item View Item