Pembangunan Aplikasi Game Edukasi "Save Family From Malaria" Berbasis Desktop

Galang Mahafi, Aditya (2013) Pembangunan Aplikasi Game Edukasi "Save Family From Malaria" Berbasis Desktop.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Malaria adalah penyakit yang penyebarannya melalui nyamuk Anopheles. Gejalanya berupa panas dingin menggigil serta demam berkepanjangan dan penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Beberapa program telah dilakukan pemerintah seperti memberikan kelambu, brosur, pamflet, penyuluhan, dan penyemprotan DDT. Brosur, pamflet dan penyuluhan sebagai sarana edukasi dan pengetahuan malaria kurang begitu efisien karena jangkauan yang tidak tercapai, kurangnya jumlah tenaga penyuluhan, dan masyarakat kurang begitu tertarik membaca brosur khususnya anak-anak. Berdasarkan narasumber yang ada pamflet dan penyuluhan malaria saat ini hanya terdapat pada daerah endemis malaria saja.Game dengan genre action merupakan game yang paling diminati dibanding edukasi. Dengan memadukan genre edukasi dan action game yang dibangun menjadi lebih menarik. Selain itu, digunakan algoritma pencarian A* pada karakter musuh. Game berjenis side scroller dan dibangun menggunakan analisis aliran data berorientasi objek atau biasa disebut dengan OOP (Object Oriented Programing). Storyline dibuat berdasarkan cara pencegahan malaria sesuai dengan judul yang diambil.Dari hasil pengujian, game edukasi Save Family From Malaria ini cukup menambah pengetahuan, menarik untuk dimainkan dan memberikan hiburan sehingga memperjelas tentang bagaimana pencegahan malaria yang baik. Tahap pengujian dilakukan yang terdiri dari pengujian alpha dan beta. Pada pengujian alpha digunakan 2 (dua) metode yaitu metode white box dan black box. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan secara alpha, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun bebas dari kesalahan sintaks dan berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan secara beta, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi secara keseluruhan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: malaria, game, edukasi, A*, OOP
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25347

Actions (login required)

View Item View Item