Membangun Aplikasi E-Learning Berbasis Web untuk Menunjang Kegiatan Belajar dan Mengajar di SMK Negeri Pandang Cermin Pesawaran

Pratama, Hendrik (2013) Membangun Aplikasi E-Learning Berbasis Web untuk Menunjang Kegiatan Belajar dan Mengajar di SMK Negeri Pandang Cermin Pesawaran.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMKN Padang Cermin merupakan salah satu sekolah kejuruan negeri yang ada di Kabupaten Pesawaran yang berbasis teknologi informasi. Saat ini proses belajar mengajar di SMK Negeri Padangcermin masih menggunakan metode pembelajaran yang berlangsung satu arah sehingga kurang efektif bagi siswa dalam memahami pelajaran dan kurang efisien karena keterbatasan waktu belajar mengajar,pemberian materi yang masih menggunakan media kertas sehingga membutuhkan biaya lebih untuk menggandakan materi yang diberikan oleh guru. Disamping itu, guru juga kesulitan dalam melihat perkembangan akademik siswa. Oleh karena itu, untuk membantu menyelesaikan kendala tersebut dibangunlah sebuah elearning berbasis web yang bertujuan untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi, menyediakan forum online untuk memudahkan proses komunikasi antara guru dan siswa, mempermudah siswa dalam mendapatkan dan memahami materi pelajaran, dan menyediakan dasboard untuk membantu guru dalam melihat perkembangan akademik siswa.Metodologi pembuatan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun e-learning ini adalah metode Incremental model. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka studi lapangan, observasi dan wawancara. Model analisis perangkat lunak yang digunakan adalah pemodelan analisis terstruktur. Alat (tools) yang digunakan adalah DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram) dan Flow Map.Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukannya pengujian alpha dan beta terhadap e-learning pada SMKN Padangcermin,kesimpulannya adalah guru menjadi mudah dalam menyampaikan materi pelajaran dan siswa mudah dalam memahami materi pelajaran, forum online dapat memfasilitasi proses komunikasi guru dan siswa, kemudahan dalam melihat hasil belajar siswa sehingga berguna untuk memantau perkembangan siswa dalam memahami suatu materi pelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, e-learning, dashboard, incremental model, web
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25350

Actions (login required)

View Item View Item