Pembangunan Aplikasi E-Learning Berbasis Web (Studi Kasus SMK Pasundan 4 Bandung)

Purnama, Adang (2013) Pembangunan Aplikasi E-Learning Berbasis Web (Studi Kasus SMK Pasundan 4 Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang menuntut segala aspek dalam bidang apapun untuk mengimplementasikan teknologi tepat guna, untuk menghasilkan informasi yang relative cepat dan tepat.Tidak terkecuali dunia pendidikan yang juga ikut mengimplementasikan teknologi ke dalam sistem belajar mengajar. Suatu konsep belajar mengajar berbasis teknologi menjadi suatu hal yang menjadi kebutuhan untuk menunjang pendidikan. Apalagi dengan dunia pendidikan Indonesia yang tertinggal dari negara lain, menjadikan konsep pendidikan berbasis teknologi sebagai langkah awal untuk bisa bersaing dengan negara lainnya.E-learning merupakan singkatan dari Electronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. Dalam dunia pendidikan elearning sudah banyak digunakan baik itu di jenjang perguruan tinggi, SMA bahkan di tingkat SMP.Untuk membangun aplikasi e-learning ini metodologi pembuatan perangkat lunak yang digunakan ialah metodologi waterfall dengan langkah-langkah dimulai dari System/Information Engineering, Analysis, Design, Coding Testing, hingga Maintenance. Dan dalam pembangunannya menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database servernya. Untuk perancangannya menggunakan metode terstruktur dengan Flowmap, ERD, DFD sebagai alat bantu untuk merancang aplikasi pembangunan aplikasi e-learning.SMK Pasundan 4 Bandung merupakan sekolah yang tergolong baru, karena sekolah ini tadinya merupakan SMA Pasundan 4 Bandung. Tetapi SMA Pasundan 4 Bandung ini kurang banyak peminat dari masyarakat sekitar. Maka dari itu YPDM Pasundan dan atas dasar ijin dari dinas pendidikan merubah SMA Pasundan 4 Bandung menjadi SMK Pasundan 4 Bandung.Berdasarkan hasil pengujian sistem yang telah dilakukan secara keseluruhan kesimpulan bahwa proses-proses pada aplikasi e-learning SMK Pasundan 4 Bandung telah melalui tahapan perbaikan dan sudah dimaksimalkan terhadap proses-proses tersebut dan secara fungsional sistem sudah dapat digunakan dan menghasilkan output yang diharapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, e-learning, pendidikan, pembelajaran, ujian online
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25354

Actions (login required)

View Item View Item