Sistem pengawasan persediaan barang di Kantr Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Propinsi Wilayah Kabupaten Bandung I Rancaekek

Ardiansyah, (2013) Sistem pengawasan persediaan barang di Kantr Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Propinsi Wilayah Kabupaten Bandung I Rancaekek.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kantor Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Propinsi Wilayah Kabupaten Bandung I Rancaekek adalah instansi pemerintah yang bergerak di bidang pengurusan perpajakan dan pendapatan daerah. Transaksi keluar masuk barang saat ini hanya dicatat pada kartu barang, sehingga perhitungan data persediaan barang kurang terjamin kebenaranya selain itu kartu barang sering rusak dan hilang. Kendala lainya yaitu pihak Pengurus Barang Pembantu kesulitan dalam menentukan jumlah pengadaan barang satu periode ke depan karena jumlah pengadaan barang yang dipesan hanya dihitung dengan melihat jumlah pegawai yang ada saja sehingga dinilai kurang efisien. Sistem pengawasan yang digunakan dalam pengembangan sistem disesuaikan dengan permasalahan perusahan khusunya pada bagian pengurus barang pembantu, untuk proses perencanaan pengadaan barang digunakan sebuah metode peramalan yaitu simple moving averages dengan menggunakan rata-rata dari sejumlah (n) data terkini untuk meramalkan periode mendatang. Proses pembangunan sistem pengawasan persediaan barang ini menggunakan metode pembangunan perangkat lunak secara waterfall, dan metode aliran data sistem menggunakan metode terstruktur yaitu menggunakan DFD dalam menggambarkan model fungsional dan ERD untuk menggambarkan model data. Setelah dilakukan pengujian terhadap sistem maka dihasilkan kesimpulan dari sistem pengawasan persediaan barang ini diantaranya dapat memudahkan Pengurus Barang Pembantu dalam mendapatkan informasi persediaan barang dengan cepat dan kebenaran informasi yang akurat serta menunjukan bahwa metode peramalan simple moving averages dapat memudahkan Pengurus Barang Pembantu dalam merencanakan pengadaan barang untuk satu periode ke depan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Peramalan, Simple moving averages
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25366

Actions (login required)

View Item View Item