Pembangunan Aplikasi Augmented Reality Multi Marker Virtual Animal Berbasis Android

Andriana Saputra, Lucky (2013) Pembangunan Aplikasi Augmented Reality Multi Marker Virtual Animal Berbasis Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Buku merupakan sarana pembelajaran yang sering digunakan, baik dikalangan anak-anak, remaja ataupun dewasa. Adapun terdapat beberapa jenis-jenis buku untuk anak-anak diantaranya berupa jenis buku cerita ataupun buku berjenis pengenalan hewan baik itu untuk anak ��anak pada usia 5 tahun maupun dikalangan anak��anak TK ataupun PAUD, biasanya penyajian dalam buku tersebut hanyalah berupa gambar dan juga teks saja. Buku merupakan fasilitas belajar yang hanya dapat menyajikan berupa teks dan gambar, maka anak-anak tidak secara langsung tahu bagaimana bentuk maupun suara hewan tersebut serta kurang interaktifnya belajar jika hanya melalui buku.Melalui pendekatan teknologi diharapkan informasi mengenai pengenalan hewan dapat memberikan daya imajinatif terhadap anak-anak dan memberikan ketertarikan tersendiri dalam mengenal jenis-jenis dan suara hewan. Kondisi ini dapat dipenuhi dan ditunjang dengan adanya Teknologi augmented reality, dimana teknologi ini memungkinkan sebuah informasi dapat di implementasikan ke dalam pandangan dunia nyata, sehingga informasi yang diberikan nyata dan realtime.Dari permasalahan yang ada maka dibangun sebuah aplikasi VirtualAnimal dengan mengimplementasikan teknologi Augmented Reality MultiMarker sebagai media pelengkap buku agar dapat interaktif. Teknologi Augmented Reality dipilih karena memiliki kelebihan dimana user mendapatkan informasi secara real time, kemudian dengan menggunakan fitur multimarker akan dapat menampilkan lebih dari satu objek yang akan dihasilkan. Aplikasi ini menggunakan platform android karena agar mudah diakses dimana saja dan platform ini banyak dikembangkan karena bersifat open source.Aplikasi ini telah dilakukan beberapa pengujian diantaranya pengujian Alpha, Betha dan Pengujian Akurasi. Hasil Pengujian Alpha menyatakan bahwa aplikasi ini bebas dari kesalahan syntax berjalan sesuai dengan fungsi. Pengujian Betha dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem yang dibangun mudah digunakan (user friendly), bermanfaat dan dapat membantu pengguna dalam mendapatkan informasi hewan beserta suara, hal ini sesuai dengan persentase jawaban setiap pengguna atau responden terhadap pertanyaan (kuisioner) yang telah disebarkan. Sedangkan pengujian keakurasian dapat disimpulan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi tidak munculnya suatu data yang ditampilkan, diantaranya arah sudut pandang serta jarak pengambilan gambar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Buku, VirtualAnimal, Augmented Reality, Android, Multimarker.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25377

Actions (login required)

View Item View Item