Penerapan Metode Association Rule untuk Pembentukan Paket Penjualan Barang di PT. Celebes

Perdana Gurnita, Adhitya (2013) Penerapan Metode Association Rule untuk Pembentukan Paket Penjualan Barang di PT. Celebes.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Celebes Lima Bersaudara bergerak dalam bidang penjualan barang. Barang-barang yang dijual terbagi ke dalam tiga kategori. Ketiga kategori tersebut berupa sembako, food, dan non-food. Pada kesempatan-kesempatan tertentu seperti idul fitri atau natal, PT. Celebes akan membuat paket barang sebagai strategi pemasaran. Maksud paket disini adalah barang-barang yang dijual secara bersamaan yang dibentuk menjadi sebuah paket penjualan. Dalam menentukan jenis barang yang akan dijual secara paket, PT. Celebes menggunakan data barang yang banyak terjual sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan barang apa yang akan dijadikan sebuah paket. Akan tetapi, data tersebut belum cukup untuk dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk membuat sebuah paket penjualan barang. Sebagai contoh, dari data tersebut didapat bahwa minyak goreng dan minuman kemasan adalah barang yang banyak terjual. Akan tetapi, apakah kedua barang tersebut efektif bila dijual secara bersamaan sebagai paket, karena pelanggan belum tentu ingin membeli minyak goreng bersamaan dengan minuman kemasan. Untuk itu, diperlukanlah satu metode yang dapat menunjukan barang��barang apa saja yang sering dibeli pelanggan dan mempunyai keterkaitan satu dengan lainnya.Dalam proses pengumpulan data untuk menunjukan barang-barang apa saja yang sering dibeli pelanggan dan mempunyai keterkaitan satu dengan lainnya, dapat menggunakan bidang keilmuan data mining. Dalam bidang keilmuan data mining, terdapat suatu metode yang dinamakan association rule. Metode ini sering juga dinamakan dengan market basket analysis karena berasal dari studi mengenai database transaksi penjualan. Association rule bertujuan untuk menunjukkan nilai asosiatif atau keterkaitan antara barang-barang yang dibeli oleh pelanggan sehingga terlihat sebuah pola berupa barang-barang yang sering dibeli secara bersamaan dalam sebuah transaksi penjualan. Dengan mengetahui jenis barang yang dibeli secara bersamaan, dapat dibuat sebuah dasar keputusan untuk menentukan jenis barang yang efektif bila dibuat sebagai paket barang.Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa metode data mining association rule dapat membantu pihak PT. Celebes dalam menentukan barang apa saja yang akan dijual sebagai paket penjualan barang diambil dari rule yang dihasilkan, karena dari hasil rule tersebut dapat diketahui hubungan keterkaitan barang yang satu dengan barang yang lainnya serta dapat mengetahui seberapa sering barang tersebut muncul (dibeli).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Paket Penjualan Barang, Data Mining, Association Rule, Market Basket Analysis
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25393

Actions (login required)

View Item View Item