Membangun Aplikasi Pembelajaran Pengenalan dan Perakitan Komputer pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kodariyah Azhar, Nita (2013) Membangun Aplikasi Pembelajaran Pengenalan dan Perakitan Komputer pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMA NEGERI 27 BANDUNG, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri di Provinsi Jawa Barat yang berdiri sejak tahun 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kini merupakan salah satu mata pelajaran inti dalam kurikulum pendidikan. Mempelajari TIK semestinya merupakan hal yang menyenangkan karena dari mata pelajaran ini siswa mendapatkan pengetahuan mengenai berbagai macam cara pemanfaatan teknologi. Namun sistem pembelajaran saat ini, dimana guru menyampaikan materi pelajaran secara konvensional dengan cara menerangkan di depan kelas, membuat para siswa merasa pelajaran tersebut monoton dan membuat jenuh. Selain itu guru tidak mengetahui cara untuk membuat suatu media pembelajaran sebagai sarana penyampaian materi pelajaran yang lebih variatif dan dapat menarik minat belajar para siswa, materi yang diberikan sangat singkat dan hanya berasal dari ringkasan materi dari sebuah LKS (Lembar Kerja Siswa), juga tidak diberikannya praktikum baik langsung maupun berupa simulasi. Berdasarkan permasalahan diatas maka, pada penelitian ini akan dilakukan pembangunan suatu aplikasi pembelajaran berbasis komputer yaitu Aplikasi Pembelajaran Pengenalan dan Perakitan Komputer.Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi e-learning program CAI (Computer Assisted Instructional) dengan model drill, practice, problem solving dan simulation. Aplikasi dibangun dengan menggunakan tools Adobe Flash CS6 dan bahasa pemrograman Action Script 2.0 dengan pemodelan secara terstruktur. Aplikasi ini mengimplementasikan metode Decision Tree dalam proses penelusuran kesalahan pada saat simulasi. Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode Black box, White box dan juga dengan kuesioner.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran pengenalan dan perakitan komputer yang dibangun sudah membantu guru dalam memberikan bentuk pengajaran baru yang lebih variatif dan dapat menarik minat belajar para siswa, memberikan penjelasan materi secara lebih detail juga dapat memberikan bentuk pelatihan perakitan komputer yang berupa simulasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pembelajaran Pengenalan dan Perakitan Komputer, CAI (Computer Assisted Instructional), metode Decision Tree.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25397

Actions (login required)

View Item View Item