Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Ayam

Risna Effendi, Mella (2013) Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Ayam. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Peternakan ayam merupakan salah satu usaha peternakan yang paling diminati, karena ayam menjadi kebutuhan pangan masyarakat modern dan sumber ekonomi yang menjanjikan. Sehingga perawatan dan pemeliharaan yang intensif pada ayam akan menghasilkan keuntungan yang berlipat. KSU Jati Mekar merupakan salah satu badan usaha yang memiliki beberapa bidang usaha, salah satunya yaitu usaha peternakan ayam. Namun, umumnya para peternak ayam memiliki pengetahuan yang minim mengenai teknis pemeliharaan ayam seperti penanganan penyakit ayam. Keadaan ini mengakibatkan para peternak memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap pakar ternak ayam atau dokter hewan yang ahli dalam mendiagnosa penyakit ayam. Akan tetapi, jumlah pakar ternak ayam atau dokter hewan terbatas, terutama di pedesaan. Maka, perlu adanya aplikasi sistem pakar yang mampu mendiagnosa dan memberikan solusi awal penanganan penyakit ayam.Representasi pengetahuan dibangun berdasarkan informasi penyakit dan gejala yang berhubungan dengan penyakit ayam, kemudian dibentuk suatu kaidah produksi (if-then rules). Sistem pakar ini menggunakan metode forward chaining sebagai penalaran dan metode best first search sebagai teknik penelusurannya. Adapun Metode Pendekatan sistemnya yaitu menggunakan metode berorientasi objek dan Metode Pengembangan sistem yang digunakan oleh penulis dalam perancangan sistem ini yaitu menggunakan Prototyping Model.Hasil yang ingin dicapai adalah suatu aplikasi sistem pakar berbasis android yang mampu melakukan diagnosa dan memberikan solusi awal mengenai cara pengobatan dan pencegahan penyakit ayam berdasarkan gejalanya. Sehingga ketergantungan akan pakar maupun dokter hewan dapat diminimalisir dengan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ayam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyakit Ayam, Diagnosa, Sistem Pakar, KSU Jati Mekar, Forward Chaining, Best First Search, Android, Object Oriented, Prototyping Model.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25427

Actions (login required)

View Item View Item