Faktor-faktor Yang mempengaruhi Kinerja Aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi (Studi Kasus Tentang Pembuatan e-Ktp)

Nenden Tresnaati, Fitri (2013) Faktor-faktor Yang mempengaruhi Kinerja Aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi (Studi Kasus Tentang Pembuatan e-Ktp).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pelayanan publik dengan teknologi dan informasi yang sedang dilaksanakan dalam bidang pemerintahan adalah elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP). Permasalahan yang muncul dalam pembuatan e-KTP di Kota Cimahi menunjukkan pelayanan informasi belum terlaksana secara efektif, keterbatasan alat perekam, belum optimalnya perekaman dikarenakan masih belum validnya data penduduk yang wajib ber-KTP. Sisi lain rendahnya kesadaran penduduk atas proses pembuatan dan kurangnya pemahaman akan prosedur dan mekanismenya.Teori yang digunakan adalah kinerja aparatur dari Sinambella dalam bukunya Reformasi Pelayanan Publi. Teori, Kebijakan dan Implementasi dilihat dari faktor yang dapat mempengaruhi kinerja aparatur yaitu faktor kemampuan dan motivasi.Metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purpossive sampling untuk pihak aparatur sedangkan informan yang ditujukan kepada masyarakat menggunakan accidental sampling.Hasil penelitian menunjukan kemampuan aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi dikatakan cukup baik. Hal ini dilihat dari kemampuan pendidikan rata-rata menyelesaikan pendidikan sarjana, pengalaman, akan tetapi pendidikan yang ditempuh oleh aparatur bukan di bidang teknologi informasi/jurusan yang sesuai dengan bidangnya, sehingga mempengaruhi kemampuan kinerjanya dalam melaksanakan pembuatan e-KTP. Motivasi aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi dalam pelayanan pembuatan e-KTP dapat dikatakan cukup baik, karena kebutuhan seperti sarana dan prasarana mendukung berupa kendaraan bermotor untuk menjalankan kerja diluar kantor, alat perekaman e-KTP, tetapi alat perekaman sering mengalami kerusakan sehingga menimbulkan antrian dalam pembuat e-KTP.Dorongan yang diberikan kepada aparatur untuk melakukan kerja sehingga kinerja aparatur dapat meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Aparatur, e-KTP
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25466

Actions (login required)

View Item View Item