Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Bandung No. 996 Tahun 2009 Tentang Pedoman Operasional Pemeriksaan Reguler Inspektorat Kota Bandung

Rifqiya, Pradita (2013) Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Bandung No. 996 Tahun 2009 Tentang Pedoman Operasional Pemeriksaan Reguler Inspektorat Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pelaksanaan pengawasan sesuai dengan Peraturan Walikota Nomor 996 Tahun 2009 tentang pedoman oprasional pemeriksaan reguler Inspektorat Kota Bandung tersebut merupakan upaya dalam rangka penyelenggaraan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat sesuai dengan tujuan penyelenggaraan pemerintahan.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Implementasi Kebijakan menurut Donald S. Van Meter dan Carl E.Vanhorn dalam bukunya The Policy Implemetation Process yang menyatakan bahwa yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu implementasi meliputi ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya kebijakan, komunikasi antar organisasi dan kegiatan kebijakan, karakteristik badan pelaksana, kondisi ekonomi, sosial dan politik, dan kecendrungan pelaksana (implementor).Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah studi pustaka, studi lapangan, observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah aparatur Inspektorat dan aparatur SKPD terkait pengawasan. Penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive.Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan implementasi kebijakan peraturan walikota nomor 996 tahun 2009 tentang pedoman oprasional pemeriksaan reguler inspektorat Kota Bandung, belum dilakukan secara maksimal karena masih kurangnya sumber daya manusia. Sehingga tidak memaksimalkan jalannya pegawasan pemerintahan. Sistem dan prosedur pengawasan harus mengikuti petunjuk sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Inspektorat berwenang merekomendasikan tindakan perbaikan guna peningkatan kegiatan SKPD yang diperiksa. Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan Ilmu Pemerintahan khususnya dalam hal pengawasan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengawasan, pedoman oprasional
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25470

Actions (login required)

View Item View Item