Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Bantuan Walikota Khusus Bidang Kesehatan (Bawaku Sehat) Bagi Warga Miskin di Kota Bandung

Nadia Andini, Karina (2013) Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Bantuan Walikota Khusus Bidang Kesehatan (Bawaku Sehat) Bagi Warga Miskin di Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Efektivitas merupakan penilaian hasil pengukuran dalam arti tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya Pemerintah harus memperhatikan apakah kebijakan Bawaku Sehat yang dibuat berjalan efektif atau tidak. Pemerintah Kota Bandung dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga miskin Kota Bandung mengimplementasikan kebijakan berupa jaminan pelayanan kesehatan bagi warga miskin yang dinamakan Bantuan Walikota Khusus Bidang Kesehatan (Bawaku Sehat) dimana warga miskin yang ada di Kota Bandung yang tidak tercover Jaminan Kesehatan Masyarakat dari Pusat (Jamkesmas) bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis di seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit yang ada dan tersebar di Kota Bandung.Ditemukan masalah-masalah dalam penyelenggaraan Bawaku Sehat di antaranya dalam pendataan warga miskin yang ganda, keterlambatan pencairan dana dan pelunasan kepada puskesmas dan rumah sakit, serta ditemukan rumah sakit yang tidak terbuka dalam masalah Bawaku Sehat tersebut bahkan menolak menerima pasien warga miskin.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas oleh Sedarmayanti yang mengemukakan bahwa untuk melihat efektivitas suatu organisasi dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu Input, Proses Produksi, Output, dan Produktivitas. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektifkah Pelayanan Publik Bawaku Sehat bagi warga miskin di Kota Bandung.Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui studi pustaka, wawancara, observasi, Internet Searching serta dengan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah aparatur Dinas Kesehatan Kota Bandung, pegawai RS. Bhayangkara Sartika Asih serta warga miskin pengguna Bawaku Sehat yang dilakukan dengan teknik purposive.Berdasarkan hasil peneltian menunjukan bahwa pelayanan publik Bawaku Sehat berjalan cukup efektif dilihat dari meningkatnya jumlah warga miskin yang terlayani dengan Bawaku Sehat. Disamping itu RS. Bhayangkara Sartika Asih perlu melakukan sosialisasi tentang Bawaku Sehat yang sebelumnya belum pernah dilakukan demi meningkatkan efektivitas pelayanan publik bagi warga miskin di Kota Bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pelayanan Publik, Bawaku Sehat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25473

Actions (login required)

View Item View Item