Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Surat izin Mengemudi (SIM) Melalui Program Quick Wins di Kepolisian Resort (Polres) Sumedang

Darmawan, Wawan (2013) Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Surat izin Mengemudi (SIM) Melalui Program Quick Wins di Kepolisian Resort (Polres) Sumedang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya masalah yang terjadi pada pelaksanaan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui program Quick Wins di Polres Sumedang, seperti kendaraan yang digunakan oleh para pembuat SIM dalam ujian praktek yang kurang nyaman untuk digunakan, masih banyaknya calo-calo yang menawarkan kecepatan pelayanan dalam pembuatan SIM dan pembuatan SIM yang memakan waktu hingga enam jam.Teori yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan publik dari Sinambela. Teori Sinambela dalam penyusunan penelitian ini terdiri dari enam indikator, yaitu transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak dan kewajiban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan yang digunakan, yakni pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui studi pustaka, studi lapangan dan observasi non partisipan serta dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah aparatur Polres Sumedang dengan menggunakan teknik sampling purposive dan masyarakat menggunakan teknik accidental sampling.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa pelayanan pembuatan SIM melalui program Quick Wins di Polres Sumedang terkendala karena kurangnya sosialisasi program Quick Wins itu sendiri kepada masyarakat yang menyebabkan minimnya pengetahuan masyarakat tentang adanya program Quick Wins, tidak adanya sarana berupa kendaraan untuk melakukan ujian paraktek pembuatan SIM yang layak untuk digunakan serta masih minimnya pengawasan terhadap calo-calo yang menawarkan jasa pembuatan SIM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Quick Wins
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25477

Actions (login required)

View Item View Item